Berita » Peneliti Balitkabi Menjadi Narasumber Bimtek Online Porang BPTP Balitbangtan Sumatera Utara

Dr. Novita Nugrahaeni menjadi pemateri pada bimtek online porang

Dr. Novita Nugrahaeni menjadi pemateri pada bimtek online porang

Merespon antusiasme masyarakat terhadap tanaman porang dan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh dan petani, serta mendukung program pemerintah yang menjadikan porang sebagai komoditas mahkota, BPTP Balitbangtan Sumatera Utara menyelenggarakan bimtek online dengan tema “Kajian Potensi Tanaman Porang Sebagai Komoditas Ekspor”. Peneliti Balitkabi, Dr. Ir. Novita Nugrahaeni, MS, menjadi salah satu narasumber dengan judul materi “Porang, Karakteristik dan Teknik Budidayanya”. Narasumber lainnya adalah Ir. Fuad, M. MA, Kepala UPT Benih Aneka Umbi, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, dengan judul materi “Pengenalan Komoditi Porang”, dan Ir. Parimpunan Siregar, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan, dengan judul materi “Potensi Pengembangan Porang di Kota Padangsidempuan”.

Pada kesempatan tersebut, Novita menyampaikan karakteristik tanaman porang, baik secara morfologi maupun agronomi serta teknologi budidayanya yang meliputi persyaratan tumbuh, penyiapan lahan, penyiapan benih, pemeliharaan hingga panen pada habitat asal porang dan pada kondisi optimal, sehingga menjadi bekal informasi yang dapat digunakan apabila porang dikembangkan pada lingkungan lainnya.

Beberapa respon yang muncul pada acara diskusi diantaranya adalah dosis pupuk organik dan anorganik beserta cara aplikasinya, cara pengendalian penyakit preventif yang tepat, inovasi untuk budidaya tanaman porang di dataran rendah, siklus pertumbuhan tanaman porang, respon tanaman porang terhadap pupuk majemuk dan pupuk tunggal, pertumbuhan bibit di persemaian, pengaruh ketinggian tempat terhadap hasil umbi dan katak, bantuan permodalan dan bibit dari pemerintah, dan kekhawatiran adanya tanaman porang dengan harga yang menjanjikan akan membuat petani beralih dari tanaman padi, jagung atau ubi ke tanaman porang, sementara tanaman pangan sangat dibutuhkan.

sumut1 sumut2
Penyampaian materi dan peserta bimtek porang

NN