Berita ยป Balitkabi Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Internal Triwulan Ketiga

Sebagai salah satu amanah dari SMM ISO 9001:2015 dan implementasi Zona Integritas (ZI), 28 Oktober 2021, Balitkabi melaksanakan Rapat Koordinasi Internal Triwulan III. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi capaian target IKU dan sasaran mutu serta realisasi serapan anggaran.

Pembukaan rakor oleh Kepala Balitkabi

Pembukaan rakor oleh Kepala Balitkabi

Acara dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Sub Koordinator Substansi Yantek, Sub Koordinator Substansi Jaslit, Profesor Riset, Penanggungjawab Kegiatan serta seluruh peneliti Balitkabi, baik secara luring maupun daring. Agenda rapat kali ini membahas mengenai:

  • pembingkaian dan pembukaan rapat koordinasi oleh Kepala Balitkabi
  • capaian target IKU Balai dan sasaran mutu triwulan III
  • evaluasi pembangunan Zona Integritas triwulan III
  • sosialisasi dan evaluasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 Balikabi
  • penyampaian target PNBP dan serapan anggaran tahun 2021 serta realisasi dan strategi percepatannya serta diskusi

Pembingkaian Rakor oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik. Sundari, M.P., disampaikan bahwa rapat koordinasi triwulan merupakan amanah SMM ISO 9001:2015 sebagai ajang untuk memantau dan mengevaluasi capaian target IKU dan sasaran mutu serta serapan anggaran. Kepala Balitkabi berharap target IKU dan sasaran mutu triwulan III bisa tercapai. Beberapa kegiatan yang realisasi fisik dan anggaran masih rendah, segera menyusun skenario serapan sebagai langkah percepatan.

Secara umum dari pemaparan para narasumber, capaian target IKU dan sasaran mutu triwulan III telah melebihi target yang ditetapkan. Target penerimaan PNBP di triwulan III juga sudah terlampaui serta kegiatan Belanja Modal juga sudah terealisasi lebih dari 75%, dan harapannya 15 Desember 2021 kontrak pengadaan sudah berakhir.

Nilai Zona Integritas merupakan bagian dari sasaran mutu. Hasil evaluasi implementasi ZI juga menunjukkan peningkatan. Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P. selaku Koordinator ZI mengingatkan kembali bahwa pembangunan ZI adalah tanggungjawab bersama, dan berharap pembangunan ZI dapat terlaksana dengan baik, sehingga ke depan Balitkabi dapat memegang status sebagai institusi yang terakreditasi WBK WBBM.

berita-211102-rakortriwulan-b

Selain ZI, pada rapat tersebut juga dilakukan Sosialisasi SMM ISO 9001:2015 oleh Kepala Sub Bagian TU selaku Wakil Manajemen (Drs. Subarkah). Sosialisasi tersebut merupakan salah satu syarat dalam pelaksanaan audit eksternal 2 yang direncanakan pada akhir Desember 2021. Di akhir pemaparan Drs. Subarkah sangat berharap ISO ini menjadi kebiasaan dalam perilaku sehari-hari seluruh pegawai, setiap kegiatan harus ada evidence berupa undangan, daftar hadir, notulen dan foto, termasuk dalam pengisian aktivitas harian masing-masing pegawai di aplikasi e-personal.

Pada akhir rakor, Kepala Balai menyampaikan bahwa dalam penerapan ZI dan SMM ISO, monitoring dan evaluasi memegang peranan penting demi tercapainya kinerja Balitkabi yang lebih baik lagi.

NYT/FCI