Berita ยป Acara Puncak Harteknas ke-20

Acara Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke 20 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2015 diperingati di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok Jakarta. Hadir pada acara puncak tersebut, Menteri Koordinator Bidang Maritim, Menteri Ristek dan Dikti, Menteri PAN RB, Presiden RI ketiga (BJ Habibie), pejabat militer dan sipil.

10-8-15

Pusat Riset Akabi diwakili oleh Muchlish Adie.Diterbangkannya pesawat N250 Gatotkaca, buatan anak bangsa, merupakan awal tonggak sejarah Harteknas. Menristek & Dikti menyampaikan bahwa sudah saatnya teknologi dibangkitkan. Teknologi akan membawa kedaulatan pangan dan energi serta kekuatan maritime.

Hambatan pengemabnagn inovasi, yang masih dirasakan hingga saat ini, masih lemah dan kurangnya jiwa entrepreneur. Perlu diciptakan iklim inovasi pada berbagai kalangan dan kawasan. Pada acara puncak disampaikan penghargaan kepada pegiat iptek berupa anugrah Budhipura (pemerintah provinsi), Prayogasala (pranata litbang), Labdhakretya (inovasi masyarakat), Widyasilpalwijana (duta iptek), Widyamaheswara (tokoh iptek), dan Pandegawidyatama (untuk eselon I pemerintah pusat).

Acara puncak Harteknas ke 20Menko Bidang Maritim dalam sambutannya menyampaikan peringatan Harteknas ke 20 yang berada disela-sela peringatan hari kemerdekaan harus menjadi introspeksi, apa yang sudah dilakukan untuk mendukung iptek, apa sumbangsih iptek pada nilai tambah.

Iptek harus mengarah pada mandiri ekonomi, diperlukan hilirisasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian. Iptek harus mulai fokus, pada pangan di lahan sub-optimal, fokus energi adalah konversi dan pengembangan energi terbarukan sedang untuk bidang maritime adalah konektivitas antar pulau; tol laut; menjadikan Indonesia sebagai poros maritime dunia.

Harus diingat juga, salah satu program Nawa Cita adalah ASP dan ATP, yang harus mampu melahirkan ekositem kondusif untuk berinovasi, juga menjadi tempat bertemunya inventor, inovator dan investor. Bersamaan dengan hal tersebut juga sedang disiapkan Marine Science and Technology Park.

MMA/AW