Berita » Akselerasi Smart Farming di Semnas PERAGI 2019

Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman sebagai keynote speaker  Semnas PERAGI 2019

Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman sebagai keynote speaker Semnas PERAGI 2019

Bertepatan dengan Hari Tani Nasional pada tanggal 24 September 2019 telah dilakukan Seminar Nasional Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) yang diselenggarakan oleh PERAGI, IPB University, Kementerian Pertanian, serta beberapa mitra industri. Seminar bertempat di Auditorium Sadikin Sumintawikarta diikuti lebih dari 500 orang peserta terdiri dari mahasiswa, peneliti, dosen, lembaga penelitian, praktisi pertanian, dan seluruh perwakilan Komda PERAGI dari 34 provinsi di Indonesia.

Seminar mengusung tema “Akselerasi Smart Farming Era Industri 4.0”. Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman sebagai keynote speaker menggaungkan semangat kontribusi yang lebih banyak lagi untuk menjawab tantangan pertanian di era industri 4.0 kepada para peneliti dan stakeholder yang tergabung dengan PERAGI.

Dalam rangkaian seminar ini juga telah ditandatangani MoU antara PERAGI dengan tiga mitra yaitu: 1) Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) tentang Pengembangan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia, 2) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) tentang Kerjasama Bidang Penelitian dan Pengembangan SDM Petani Kelapa Sawit Indonesia, dan 3) PT Polowijo Gosari tentang Percepatan Diseminasi Inovasi Teknologi Pupuk untuk Komoditas Pertanian.

Penandatanganan MoU dengan mitra industri (kiri) dan suasana talkshow (Kanan)

Penandatanganan MoU dengan mitra industri (kiri) dan suasana talkshow (Kanan)

Talkshow dalam Seminar Nasional PERAGI ini menghadirkan empat orang narasumber selain Ketua Umum PERAGI Prof. Andi Muhammad Syakir (Smart Farming Era 4.0), Prof. Antonius Suwanto (Bioteknologi Perbenihan Mendukung Lumbung Pangan Dunia), owner Sila Tea Iriana Eka Sari (Strategi Meningkatkan Daya Saing Produk Teh Indonesia), dan pengusaha milenial Sandi Octa Susila, MM (Petani itu Keren). Talkshow dipandu oleh presenter milenial dari CNN yaitu Azizah Hanum.

Seminar kelompok pemakalah yang disampaikan secara oral dilakukan di delapan ruangan berbeda, masing-masing 12 makalah setiap ruangan yang dibagi dalam dua sesi. Makalah yang diseminarkan berjumlah 187 makalah yang terdiri dari 96 makalah oral dan 91 makalah poster.

Sebagian peserta seminar PERAGI 2019

Sebagian peserta seminar PERAGI 2019

SADL