Berita » Analis Benih Balitkabi Ikuti Pemantapan Uji Profisiensi 2013

Sesuai dengan fungsinya Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih–Tanaman Pangan dan Hortikultura (Balai Besar PPMB-TPH) menyelenggarakan uji profisiensi untuk laboratorium benih. Melalui uji profisiensi ini, unjuk kerja laboratorium dapat dipetakan. Hasil uji profisiensi yang memuaskan dapat meningkatkan rasa percaya diri laboratorium akan kemampuan dan kecukupan pengetahuan dalam melakukan pengujian benih. Sebaliknya hasil uji profisiensi yang kurang memuaskan menandakan perlunya perbaikan, pelatihan maupun pengembangan sistem manajemen laboratorium. Oleh karena itu dalam rangka menyamakan persepsi dan interpretasi tentang pentingnya uji profisiensi antar laboratorium pengujian mutu benih, meningkatkan pengetahuan personel laboratorium, dan mengevaluasi kinerja penyelenggara uji profisiensi, Balai Besar PPMB-TPH mengadakan kegiatan Sinkronisasi Pemantapan Sistem Manajemen Laboratorium 2013, yang dilaksanakan pada tanggal 29-31 Oktober 2013. Acara ini berlangsung di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Balai Besar PPMB-TPH Ir. Tri Susetyo, MM. Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari Manajer Puncak/ Manajer Mutu, Manajer Teknis atau personil laboratorium dari UPTD BPSBTPH dari 32 provinsi, Balai Besar PPMB-TPH, dan instansi terkait. Balitkabi diwakili oleh Wiwit Rahajeng salah satu analis Laboratorium uji mutu benih. Materi yang disampaikan pada kegiatan sinkronisasi adalah:

  1. Laboratorium Benih: Antara Kewenangan dan Kompetensi (disampaikan oleh Direktorat Perbenihan, Ditjen Tanaman Pangan)
  2. Dukungan Laboratorium Benih terhadap Sektor Perbenihan di Provinsi Jawa Tengah (disampakan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah)
  3. Hasil Uji Profisiensi Laboratorium Benih Indonesia TA 2013 (disampaikan oleh Ir. Dewi Taliroso, MM., Manajer Mutu LPUP Balai Besar PPMB-TPH)
  4. Evaluasi Teknis Pelaksanaan Uji Profisiensi Balai Besar PPMB-TPH (disampaikan oleh Dr. Udin S. Nugraha, Assesor Kepala ISO/IEC 17025 dan 17043)
  5. Kompetensi Laboratorium Balai Besar PPMB-TPH sebagai penyedia Nilai Acuan (disampaikan oleh Manajer Teknis LPUP Balai Besar PPMB-TPH)
  6. Interpretasi Hasil Analisis Statistik dalam Uji Profisiensi Laboratorium Benih (disampaikan oleh Dr. Alfian Futulhadi, Departemen Statistika Universitas Jember)
  7. Peran KAN dalam Skema Uji Profisiensi Benih (Komite Akreditasi Nasional)

Suasana Sinkronisasi Pemantapan Uji Profisiensi 2013, Solo 29-31 Oktober 2013.Wiwit