Berita ยป Anggota Koperasi Binaan Alumni IPB Berlatih Olahan Umbi-umbian di Balitkabi

Koperasi Serba Usaha Baitul Maal Wa Tamwil (KSU-BMT) Baranangsiang, merupakan Koperasi yang didirikan oleh para alumni IPB di Malang. Nama Baranangsiang diambil dari lokasi kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Pada hari Kamis tanggal 1 November kemarin, ketua KSU-BMT Barangsiang, Dr. Tonny Kuntohartono membawa 7 anggotanya untuk berkunjung ke Balitkabi dan belajar olahan makanan berbahan baku umbi-umbian terutama ubijalar dan ubikayu.

Beberapa produk ubijalar dan ubikayu yang dipraktekkan diantaranya kue kering lidah kucing dari tepung ubijalar, kue kering bola-bola cassava dari tepung ubikayu, onde-onde dan lumpur dari pasta ubijalar, dan cassava blanca dari sawut ubikayu. Selain menjelaskan cara pembuatan kue-kue tersebut, calon peneliti dari Balitkabi, Rahmi Yulifianti, STP, menjelaskan beberapa varietas unggul yang telah dilepas oleh Balitkabi, diantaranya varietas unggul ubijalar Beta-1 yang sangat cantik apabila digunakan sebagai bahan baku kue mangkok, dan varietas Beta-2 yang sangat sesuai apabila digunakan untuk membuat kue lumpur maupun pukis dan terang bulan ubijalar dan juga menjelaskan mengenai ubijalar sebagai pangan fungsional dan manfaat ubikayu yang sangat besar sebagai bahan substitusi terigu.

Pada akhir acara pelatihan, Dr. Tonny Kuntohartono berkenan menyampaikan kata-kata penutup. Beliau sangat terkesan dan berkeinginan untuk membawa anggota KSU-BMT Baranangsiang lebih banyak lagi di tahun depan untuk berlatih olahan pangan umbi-umbian di Balitkabi.

Praktek makanan olahan berbahan baku umbi-umbian di Lab. Pascapanen Balitkabi