Berita » Angkat Pangan Lokal Balitbangtan Kolaborasi dengan Kemenristekdikti

bppt

Kunjungan tamu dari Balai Bioteknologi BPPT dan Universitas Terbuka Pusat

Dalam upaya lebih mengotimalkan pemanfaatan pangan lokal aneka umbi, para perekayasa dari Balai Bioteknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT)–Kemenristekdikti yaitu Dr.Ir. Teuku Tajuddin, M.Sc. dan Devit Purwoko, M.Si. dengan Dosen Program Studi Biologi – PMIPA-FKIP UT Pusat, Dra. Nurhasanah, M.Pd melakukan kunjungan ke Balitkabi. Rombongan diterima oleh peneliti Balitkabi yaitu Prof. Ir. Made Jana Mejaya, M.Sc., Ph.D., Ir. Joko Susilo Utomo, MP., Ph.D., Ir. Trustinah, MS. dan Dr. Febria Cahya Indriani, MP.

Kunjungan bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai tanaman Ganyong (Canna edulis Kerr) yang merupakan salah satu jenis tanaman umbi potensial yang saat ini telah dikonservasi oleh Balitkabi. Selain karakteristik morfologi, Balitkabi juga telah mengidentifikasi sifat fisikokimia dan amilografi koleksi plasma nutfah tanaman ganyong. Keunggulan komoditas ini, patinya sangat sesuai untuk produk makanan bayi selain untuk kue dan mie. Balai Bioteknologi BPPT bersama dengan Universitas Terbuka berencana mengembangkan komoditas ini, diawali dengan deteksi markah molekuler selain karakteristik morfologi yang sudah ada selama ini. Dengan markah molekuler diharapkan akan memperpendek program pemuliaan tanaman ganyong, informasi hubungan kekerabatan antar aksesi, sehingga masih terbuka peluang meningkatkan keragaman genetik dengan persilangan dari aksesi yang berkerabat jauh. Dukungan dari Balitkabi sangat diperlukan agar kegiatan tersebut dapat menghasilkan varietas unggul ganyong yang dapat diadopsi oleh masyarakat dan sektor industri.

Pada akhir pertemuan Dr. Teuku Tajuddin beserta tim berkesempatan bertemu Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S.. Kepala Balitkabi menyampaikan apabila Balitkabi sangat mendukung kegiatan penelitian aneka umbi potensial sehingga dapat mengangkat pangan lokal sebagai pangan alternatif di Indonesia. Kerjasama antar institusi dalam hal ini Balitbangtan Kementerian Pertanian dengan BPPT Kemeristekdikti juga perlu ditingkatkan agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

proses pengambilan sampel untuk analisis marka molekuler (kiri), Bapak Kepala Balitkabi  menerima kunjungan tim BPPT (kanan)

Proses pengambilan sampel untuk analisis marka molekuler (kiri), Bapak Kepala Balitkabi menerima kunjungan tim BPPT (kanan)

FCI