Berita » Antara Vima 1 dan Vima 3

Keluarga Vigna memang selalu menarik, kacang hitam (black gram, Vigna mungo), kacang hijau (green gram, mungbean, Vigna radiata) dan kacang merah (Adzuki bean, Vigna angularis).

Yang terakhir ini, adzuki bean, tidak ditulis red bean, konon artinya memang sudah kacang merah. Kacang merah ini dijuluki sebagai buah berlian, karena nilai ekonominya yang tinggi. Kacang hijau, akhir-akhir ini semakin naik daun, gara-gara untuk komoditas ekspor. Dan memang sejak lama harganya boleh dikatakan stabil mahal.

Khamdan Wibowo, petani milenial dari Purworejo

Khamdan Wibowo, petani milenial dari Purworejo

Adalah Khamdan Wibowo, yang akrab disapa Pak Bowo, petani milenial asal Purworejo yang memiliki pandangan menarik terhadap varietas kacang hijau Vima 1 dan Vima 3.

Varietas Vima 1 yang dilepas tahun 2008 boleh dikatakan sebagai tonggak sejarah kacang hijau di Indonesia, karena memiliki masak hampir serempak, sedangkan Vima 3 dilepas tahun 2014.

“Bagi saya, Vima 3 lebih menguntungkan dibandingkan Vima 1”, ujar Pak Bowo. Alasannya karena Vima 3 bisa dipanen dua kali. Hasilnya bisa antara 1,5 – 1,7 t/ha. Dengan harga jual Rp 18.000/kg, 1 ha bisa keluar 20 juta, tambahnya.

Dijelaskan juga berdasarkan pengalamannya, kalau tanam Vima 5, jangan saat panen musim hujan atau saat curah hujan tinggi, karena kulit polong menjadi coklat kehitaman dan bijinya mudah busuk.

Selain kedelai, Pak Bowo juga konsentrasi pada kacang hijau. Tidak kurang dari 900 ton kacang hijau telah dikirim ke eksportir. Apalagi di Purworejo, areal kacang hijau cukup luas, bisa mencapai 2.000 ha.

berita-220114-penangkarvima-b

Kacang hijau sebanyak tersebut tidak hanya berasal dari kawasan Jawa Tengah saja, tetapi juga didatangkan dari Nganjuk, Bojonegoro, dan sebagainya.

Sambil tersenyum, Pak Bowo bercerita, “Mengambil kacang hijau dari Nganjuk, nanti dikirim ke Surabaya”, imbuhnya. Saat ini masih memiliki stok kacang hijau sebanyak 14 ton yang siap dipasarkan.

berita-220114-penangkarvima-c

Pak Bowo mendapatkan benih kacang hijau dari CV. Semi. Prosesing benih telah dikuasai oleh Pak Bowo untuk mendapatkan kualitas benih yang baik, misalnya dengan menggunakan dua kali lapis sortasi yang berbeda ukurannya.

CV. PB Utama telah mengikuti e-katalog untuk benih kacang hijau Vima 1 dan Vima 3. Kacang hijau memang menjadi penopang ekonomi petani.

MMA/AK