Berita » Anugerah Agro Inovasi 2011

anugerah_1_web

Acara puncak Pekan Pertanian Spesifik Lokasi (PPSL) 2011 yang dirangkai dengan Raker Badan Litbang Pertanian, 20-23 November 2011, ditandai dengan berbagai kegiatan. Diawali dengan peninjauan ke MKRPL di halaman Auditorium II Badan Litbang Pertanian, dilanjutkan dengan tanam perdana ubi jalar di Taman Koleksi Pangan Alternatif.

Penerima Anugerah Agro Inovasi Luar Biasa Badan Litbang Pertanian tanggal 21 November 2011, terlihat peneliti Balitkabi Prof. Dr. Astanto Kasno (no 5 dari kiri) dan Dr. M. Jusuf (no 6 dari kiri).

Menteri Pertanian, Dr Suswono, berkenan tanam perdana ubi jalar varietas varietas Papua Solossa. Sementara klon harapan MSU 01022-12 ditanam oleh Ka. Badan Litbang, varietas Beta 1 ditanam oleh Gubernur Jabar, klon harapan RIS 03063-05 ditanam oleh Gubernur Sumbar, varietas Sukuh ditanam oleh Wali Kota Bogor, Jabar, varietas Kidal ditanam oleh Wali Kota Padang, Sumbar, varietas Beta 2 ditanam oleh Bupati Sukabumi, Jabar, dan klon harapan MSU 03028-10 ditanam oleh Bupati Pacitan, Jatim. Tanaman ganyong, garut, dan talas ditanam beberapa hari sebelumnya.

Menteri Pertanian RI Bapak Suswono didampingi oleh dari kiri ke kanan Kepala Balitkabi Bapak Dr. Muchlis Adie, petani, Ka. Badan Dr. Haryono, dan Peneliti Ubi jalar dari Balitkabi Bapak Dr. M. Jusuf dalam acara tanam perdana ubi jalar di Bogor, Jabar.

Kegiatan PPSL (Pekan Pertantian Spesifik Lokasi) yang diadakan di Bogor, Jabar 17 – 21 November 2011, diikuti BPTP se-Indonesia, Balai-Balai Besar dan Gapoktan. Seperti biasa dalam kegiatan tersebut selalu ada pameran teknologi inovasi pertanian dan seperti biasa juga Puslitbangtan dengan Balitkabinya selalu all out dalam setiap acara tersebut. Dalam kegiatan ini Balitkabi menampilkan produk olahan dari kacang-kacangan dan umbi-umbian, juga melakukan demo pembuatan kue onde-onde, es krim dan kue mangkok yang berbahan baku ubi jalar oranye dan ungu.

Produk-produk olahan berbahan baku ubi jalar dan beberapa umbinya dari Balitkabi, dalam kegiatan PPSL di Bogor, Jabar.

Menteri Pertanian juga berkenan menyerahkan Anugerah Agro Inovasi tahun 2011 bagi Inovator Luar Biasa, Pejabat Fungsional, Kepala Kebun Percobaan, Kepala Laboratorium dan Penggerak Inovasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dalam kegiatan pemberian anugerah agro inovasi tersebut, dua orang peneliti Balitkabi menyandang gelar pada katagori Inovator Luar Biasa Badan Litbang Pertanian dalam bidang Perlindungan Varietas Tanaman (PVT). Kedua peneliti tersebut adalah Dr. M. Jusuf pada komoditas ubi jalar dan Prof. Dr. Astanto Kasno pada komoditas Kacang Tanah. Dr. Yusmani Prayogo, staf peneliti Balitkabi juga mendapatkan gelar Peneliti Berprestasi. Selamat atas prestasinya. Semoga menjadi teladan bagi peneliti yang lain.

Peneliti ubijalar beserta staf dan umbinya sedang berpose didepan stand dalam kegiatan PPSL.