Berita » Aplikasi Pendukung Informasi Publik

api

Dengan ditetapkannya Undang-undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, tuntutan terhadap keterbukaan informasi dan kemudahan dalam memperoleh informasi semakin mendesak. Undang-undang tersebut mempunyai tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi serta melibatkan partisipasi masyarakat. Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Pendukung Informasi Publik ini diadakan oleh Biro Hukum dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian dan dihadiri oleh 15 instansi lingkup Kementerian Pertanian. Bimbingan teknis ini di buka oleh Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik , Biro Hukum dan Informasi Publik, Ir. Dwiretnani Hesti M. Maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman terhadap sistem informasi pendukung informasi publik yang telah dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertanian, khususnya aplikasi pelayanan informasi dan pendokumentasian secara elektronis.


Pada tahun 2013 PPID Utama telah mengembangkan sistem database dokumen yang disebut SIDADO (Sistem informasi Database dan Dokumentasi) yang terintegrasi dalam SILAYAN Online. Namun SIDADO memiliki kelemahan yaitu sistem ini memerlukan proses entry data ke dalamnya, sehingga jika UK/UPT telah memiliki database masing-masing, maka terdapat keengganan petugas UK/UPT tersebut dalam mengentry ulang pada SIDADO. Untuk itu, pada tahun 2014 diinisiasi pengembangan modul/aplikasi yang bernama Sistem Modul API Hub untuk Pemerintahan Terbuka (SiMAPTA). SiMAPTA selanjutnya dikembangkan menjadi SIMFORTA (Sistem Manajemen Informasi Pertanian yang Terbuka) ini menjadi “jembatan” antar database publikasi.


Fitur simapta.pertanian.go.id Sistem informasi tersebut dikembangkan untuk mengakomodasi masyarakat agar mendapat pelayanan dengan cara cepat dan mudah dalam mengakses informasi publik tersebut dengan memanfaatkan secara maksimal perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat.

YFT/KN