Berita ยป Aset KPRI Manggala Bhakti Balitkabi Naik Rp 1,6 M Per Tahun

1-aakpri-mb-2

Selama kurun waktu tiga tahun, 2009-2012 kinerja KPRI Manggala Bhakti (KPRI-MB) Balitkabi semakin meningkat. Pertumbuhan total aset rata-rata meningkat Rp 1,6 miliar per tahun. Berarti pertumbuhan total aset rata-rata meningkat 126,07% per tahun. Penjelasan tersebut disampaikan ketua KPRI-MB, Prof. Sudaryono, Rabu (13/2) pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2013 di Aula Utama Balitkabi. RAT dihadiri oleh semua anggota KPRI Manggala Bhakti.

Lebih lanjut Prof Sudaryono mengatakan bahwa perkembangan aset tersebut merupakan hasil dari perkembangan pada berbagai bidang usaha, antara lain usaha simpan pinjam, pertokoan, sewa mobil, pembayaran rekening telepon, listrik, PDAM, dan ticketing. Usaha sewa mobil, pembayaran rekening telepon, listrik, PDAM, dan ticketing merupakan unit usaha baru, dirintis pada 2012. Pada saat ini jumlah keanggotaan KPRI-MB adalah 173 anggota.


Menurut Pak Sudaryono, RAT yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk mewujudkan demokrasi dan transparansi dalam KPRI-MB sekaligus sebagai forum evaluasi kinerja pengurus dan pengawas koperasi. Harapannya terjadinya peningkatan kemampuan di bidang organisasi dan administrasi. Selain itu, Pak Daryono menyampaikan strategi ke depan agar KPRI-MB semakin kuat, yaitu meningkatkan bidang permodalan dan usaha dengan antara lain: 1) melanjutkan usaha memupuk modal, 2) menerima modal dari pihak ketiga, 3) mendorong penghimpunan modal untuk pengembangan usaha, 4) meningkatkan investasi untuk bidang pertanian, 5) meningkatkan usaha pelayanan kebutuhan barang-barang, 6) memperbesar volume usaha pertokoan, dan 7) merintis usaha pelayanan jasa pulsa telpon dan listrik, pembayaran PDAM serta sewa kendaraan.

Sementara itu, Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie memberikan apresiasi atas keberhasilan KPRI-MB. Menurut Pak Muchlish ada tiga indikasi penilaian yang menjadi tolok ukur kemajuan koperasi, antara lain: 1) perkembangan unit usaha, 2) kekuatan modal yang semakin meningkat, dan 3) tingkat kepercayaan anggota yang meningkat. Pada akhir sambutannya, Pak Muchlish menekankan seluruh pengurus, pengawas, dan anggota KPRI-MB untuk tetap menjaga loyalitas kinerja agar KPRI-MB tetap berkembang.

Ikut memberikan sambutan dalam RAT ini antara lain, Ketua PKPRI Kabupaten Malang, Ir. Ipung A.G, wakil Departemen Koperasi Indonesia Kabupaten Malang, Hj. Chulsum Hidayati, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, M. Yuli Hariono, SE.

Pada akhir acara diadakan pemilihan langsung satu anggota pengawas dan pengawas PKPRI Manggala Bhakti periode 2013-2014, dan yang terpilih adalah Wisnu Unjoyo, SP sebagai anggota pengawas sementara Ir. Abdullah Taufiq, MS sebagai pengawas.

Semoga ke depan nanti PKPRI semakin maju dan sukses untuk menyejahterakan anggotanya.