Berita » Aturan Baru Naik Pesawat Terbang di Era New normal

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia mulai dilonggarkan, masyarakat memasuki AKB (adapatasi Kebiasan Baru) atau new normal di berbagai sektor termasuk transportasi. Saat ini masyarakat telah diperbolehkan bepergian dengan moda transportasi umum seperti pesawat terbang dan kapal laut dengan syarat dan aturan tertentu. Pembatasan kapasitas penumpang dan frekuensi angkutan umum diberlakukan.

Perjalanan menggunakan pesawat terbang di era new normal memiliki beberapa aturan. Hal ini didasarkan pada penerbitan protokol pengawasan pelaku perjalanan dalam negeri di bandara dan pelabuhan sebagai langkah untuk meminimalisir penularan COVID-19 di ke dua area tersebut yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Beberapa aturan baru di saat bepergian menggunakan pesawat terbang di era new normal dialami Herdina Pratiwi salah satu peneliti Balitkabi yang melakukan perjalanan dinas ke Bogor pada akhir Juli 2020.

Dimulai dari persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi sebagai syarat penerbangan hingga protokol yang dijalani selama di lingkungan bandara Aturan lama seperti Kartu Identitas adalah dokumen wajib bagi calon penumpang pesawat, ditambah protokol wajib pecegahan penularan COVID -19 seperti : calon penumpang harus dalam keadaan sehat, menggunakan masker dan atau face shield, sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak satu sama lain.

Dokumen Wajib
Dokumen yang perlu disiapkan sebelum bepergian menggunakan pesawat terbang yaitu :
1. Dokumen hasil rapid test “non reaktif” oleh pihak yang berwenang dan memastikan bahwa masa berlaku hasil test tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan maskapai penerbangan (masa berlaku : 14 hari sejak surat keterangan diterbitkan).
2. Menginstal aplikasi e-HAC (electronic Health Alert Card). e-HAC merupakan kartu tanda kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan yang diisi secara online melalui aplikasi eHAC. Setelah mengisi data diri seperti nama, jenis kelamin, nomor identitas, alamat keberangkatan dan tujuan, serta nomor flight, penumpang akan mendapatkan kartu dan kode QR. Kode QR tersebut akan discan oleh petugas di check point kedatangan. Bagi yang belum menginstall, petugas akan membantu pengisiannya, untuk itu penumpang disarankan tiba di tempat maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

Aplikasi PeduliLindungi
Selain kedua dokumen wajib di atas, penumpang juga disarankan menginstal aplikasi PeduliLindungi (https://pedulilindungi.id) yaitu aplikasi untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan. Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor HP di sekitar orang yang positif virus corona yang terdeteksi akan diberikan warning untuk segera menjalankan protokol kesehatan. Aplikasi ini juga digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas.

Check Point
Setidaknya ada tiga check point yang harus dilewati calon penumpang sebelum melakukan check in di terminal keberangkatan yaitu : (1) Check Point 1: untuk pemeriksaan dokumen tiket dan rapid test, (2) Check Point 2: untuk pengesahan dokumen rapid test, dan (3) Check Point 3 : untuk pemeriksaan suhu badan.

Selama proses check-in hingga penerbangan selesai, penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan. Upaya menjaga jarak dilakukan oleh petugas bandara dan maskapai penerbangan dengan memberi batas tempat duduk dan antrian serta mengurangi jumlah penumpang menjadi 60% dari kapasitas normal.

Dengan penerapan protokol penerbangan di era new normal secara disiplin dan ketat, diharapkan terwujud masyarakat yang produktif dan aman dari penularan COVID-19. Semoga pandemi ini segera berakhir.

Check point berkas rapid test di terminal keberangkatan

Check point berkas rapid test di terminal keberangkatan

Check point berkas rapid test di terminal keberangkatan

Pembatasan tempat duduk sebagai upaya menjaga jarak antar penumpang

Check point pemeriksaan e-HAC di terminal kedatangan

Check point pemeriksaan e-HAC di terminal kedatangan

HP