Berita ยป Audit Eksternal SMM-SNI ISO 9001:2015

audit

Pada tanggal 21-25 Oktober 2019, Audit Eksternal SMM-SNI ISO 9001:2015 telah dilakukan di Balitkabi oleh Hangga Prihatmojo dari PT Mutu Agung Lestari. Audit eksternal kali ini merupakan tahapan Audit Re-Sertifikasi/Audit Awal Tahap 2 dengan tujuan: untuk memastikan keberlanjutan kesesuaian dan keefektifan sistem manajemen, memastikan relevansi dan penerapan lingkup sertifikasi, memeriksa efektivitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya, memastikan kesesuaian sistem manajemen organisasi terhadap kriteria audit, mengidentifikasi peluang-peluang untuk peningkatan sistem manajemen organisasi, dan menjelaskan aturan penggunaan logo sertifikasi.

Pembukaan acara Audit Eksternal di Balitkabi oleh Langgeng Sutrisno, S.P.

Pembukaan acara Audit Eksternal di Balitkabi oleh Langgeng Sutrisno, S.P.

Acara audit eksternal dibuka oleh Plh. Kepala Balitkabi Langgeng Sutrisno, S.P. pada 21 Oktober 2019 dan ditutup pada 25 Oktober 2019 oleh Plh. Kepala Balitkabi Dr. Rudi Iswanto, dihadiri oleh Pejabat Eselon IV, Ketua Auditor Internal, Ketua Program Penelitian, Ketua Kelompok Peneliti (Kelti), Ketua Tim Pengadaan Barang dan Jasa, Koordinator IP2TP Kendalpayak, dan tim ISO Balitkabi.

Selama lima hari kegiatan audit, auditor melakukan wawancara dan observasi pada ruang lingkup Tata Usaha, Pelayanan Teknis, Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti, IP2TP Genteng (Banyuwangi), dan IP2TP Kendalpayak (Malang).

Suasana acara penutupan audit eksternal di Balitkabi

Suasana acara penutupan audit eksternal di Balitkabi

Pada penutupan audit eksternal disampaikan bahwa Balitkabi telah menetapkan sistem manajemen mutu sesuai mayoritas persyaratan standar SMM – SNI ISO 9001:2015. Hangga Prihatmojo selaku auditor menyampaikan empat ketidaksesuaian yang terdiri dari satu temuan mayor, satu temuan minor, dan dua observasi. Oleh karena itu, auditor merekomendasikan re-sertifikasi disetujui, dengan terlebih dahulu menyelesaikan perbaikan. Menanggapi temuan auditor, Dr. Rudi Iswanto selaku Plh. Kepala Balitkabi menyampaikan bahwa ketidaksesuaian yang ditemukan akan segera ditindaklanjuti.
SADL