Berita » Audit Eksternal UPBS Balitkabi 2021

Malang, 30–31 Agustus 2021 bertempat di Aula Balitkabi, dilakukan audit eksternal UPBS Balitkabi oleh LSSM (Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu) Benih dan Bibit, PT. Agri Mandiri Lestari dengan auditor W. Widiatmoko dan Pradipto Windiananto. Acara audit diikuti oleh Direktur dan Wakil Direktur UPBS Balitkabi, seluruh manajer dan staf UPBS Balitkabi, Kasubbag Tata Usaha, Sub Koordinator Substansi Yantek, dan Sub Koordinator Substansi Jaslit.

Kepala Balitkabi/Direktur UPBS saat pembukaan audit eksternal

Kepala Balitkabi/Direktur UPBS saat pembukaan audit eksternal

Kepala Balitkabi dan juga sekaligus Direktur UPBS Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari M.P., pada saat pembukaan audit menyampaikan bahwa kegiatan audit ini memang harus dilakukan secara periodik untuk mereview apakah perjalanan SMM ISO 9001:2015 di UPBS Balitkabi masih on the track atau ada penyimpangan. Harapannya, kegiatan audit eksternal ini dapat menjadikan UPBS Balitkabi dapat menjadi lebih baik lagi dalam penerapan SMM.

Terkait masa pandemi ini, Widiatmoko menanyakan bagaimana kebijakan yang dilakukan oleh UPBS Balitkabi sebelum dan sesudah pandemi, dan bagaimana komitmen yang dilakukan dengan kondisi sekarang ini. Menurut Titik, karena benih berkaitan dengan program pengembangan kedelai nasional, maka refokusing dana untuk produksi benih diupayakan seminimal mungkin. Perbaikan sarana dan prasarana tetap dilakukan dan dikoordinasikan dengan tim perencanaan, seperti perbaikan lantai jemur, perbaikan sarana prasarana di IP2TP, kalibrasi alat, serta pengadaan sumur bor.

Auditor dari PT. Agri Mandiri Lestari (kiri) dan penutupan audit (kanan)

Auditor dari PT. Agri Mandiri Lestari (kiri) dan penutupan audit (kanan)

Hasil audit terdapat tujuh ketidaksesuaian kategori minor dan tiga observasi. Widiatmoko menyimpulkan bahwa

  1. Penerapan SMM ISO 9001:2015 masih perlu penyempurnaan dokumen dan teknis pelaksanaan produksi benih
  2. Penerapan SMM ISO 9001:2015 dalam proses produksi benih dapat diteruskan apabila seluruh ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti dan dinyatakan memadai oleh auditor

Hindarwati, selaku Direktur PT. Agri Mandiri Lestari, yakin bahwa temuan yang ada, semata mata untuk membantu Balitkabi agar selalu lebih maju.

KN