Berita ยป Audit Internal Laboratorium Pengujian Balitkabi LP-518-IDN

Laboratorium pengujian Balitkabi melaksanakan salah satu syarat ISO 17025:2017, yaitu audit internal untuk memverifikasi kesesuaian pelaksanaan dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 17025:2017.

berita-21108-auditlab-a

Kegiatan audit internal dilaksanakan pada 1 Oktober 2021, dibuka oleh Manajer Mutu dan dihadiri oleh Manajer Administrasi, Manajer Teknis, Penyelia, dan Analis masing-masing laboratorium. Manajer Mutu mengharapkan melalui audit internal ini dapat menjadikan laboratorium pengujian lebih baik lagi.

Audit Internal dilakukan oleh masing-masing Manajer Teknis, dengan sistem saling-silang antar laboratorium sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pelaksanaan audit internal meliputi kunjungan ke fasilitas laboratorium, interview personel laboratorium, dan observasi pelaksanaan pengujian.

berita-21108-auditlab-b

Hasil ketidaksesuaian dituangkan pada Lembar Ketidaksesuaian (LKS). Hasil klarifikasi temuan ketidaksesuaian oleh auditor dan auditi, pada penutupan Audit Internal disampaikan 15 temuan ketidaksesuaian yang terdiri dari 2 temuan kategori 1 (mayor), 7 temuan kategori 2 (minor), dan 6 temuan kategori observasi, yang meliputi Klausul Sumber Daya (fasilitas dan kondisi lingkungan; peralatan; produk dan jasa dari pihak eksternal), dan Klausul Proses (pemilihan, verifikasi, dan validasi metode; penanganan barang/sampel uji).

berita-21108-auditlab-c

Manajer Mutu mengharapkan semua temuan ketidaksesuaian dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan, karena hasil audit internal tersebut akan menjadi bahan kegiatan Kaji Ulang Dokumen.

LFN / RGF