Berita ยป Audit Internal SMM Balitkabi SNI ISO 9001:2015

Audit Internal merupakan salah satu bentuk evaluasi kinerja yang tertuang dalam Klausul 9.0 Pedoman Mutu SNI ISO 9001:2015 yang bertujuan untuk menentukan keefektifan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM). Audit tersebut juga merupakan salah satu syarat untuk dapat melaksanakan Audit Eksternal.

Pimpinan puncak membuka audit internal Balitkabi

Pimpinan puncak membuka audit internal Balitkabi

Audit Internal Balitkabi dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 19 November 2021. Audit dibuka oleh Pimpinan Puncak, yaitu Plt. Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari, MP., pada 9 November 2021. Pembukaan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha selaku Wakil Manajemen, Sub Koordinator Substansi Jasa dan Penelitian, Sub Koordinator Pelayanan Teknik, Ketua Tim Audit Internal, Koordinator Program, Ketua Kelompok Peneliti, Koordinator Keuangan, Kepegawaian dan Rumah Tangga, Tim Pengadaan, Koordinator IP2TP serta Auditor.

Pimpinan Puncak berharap agar audit bisa berjalan lancar dan setiap individu di Balitkabi berkomitmen untuk melaksanakan ISO serta terus menerus melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Audit Internal dilakukan oleh auditor yang telah ditunjuk oleh Pimpinan Puncak. Ada yang berbeda dalam pelaksanaan audit internal kali ini, yaitu adanya audit silang antar Koordinator IP2TP dan juga pelaksanaan audit di IP2TP Muneng dalam rangka penilaian kesiapan untuk masuk ruang lingkup akreditasi SMM Balitkabi pada tahun 2022.

Audit Internal dilaksanakan melalui interview terhadap pimpinan maupun staf dari masing-masing bagian. Audit juga dilakukan dengan observasi kecukupan dokumen dan kunjungan lapangan untuk melihat langsung kegiatan di lahan serta kondisi sarana dan prasarana pendukung yang ada.

berita-211122-penutupanaudit-b

Berjalan selama kurang lebih 2 minggu, audit ditutup pada tanggal 19 November 2021 bertempat di Aula Balitkabi yang diikuti oleh auditor dan auditi, baik secara luring maupun daring. Ketua Tim Audit Internal Ir. Joko Susilo Utomo, MP., Ph.D. menyampaikan temuan, baik mayor, minor dan observasi pada setiap bagian audit.

berita-211122-penutupanaudit-c

Balitkabi telah menerapkan SMM sesuai Pedoman ISO 9001:2015, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya program SMM sesuai yang direncanakan. Dokumen Pedoman Mutu (PM), Prosedur (PR), Form dan SOP telah dimutakhirkan mengacu standar mutu yang telah ditetapkan dan peraturan perundang-undangan terbaru, namun dalam penerapan sistem mutu sesuai Pedoman ISO 9001:2015 masih ada beberapa hal yang perlu perbaikan dan peningkatan, terutama kepedulian seluruh karyawan dalam rangka mendukung pelaksanaan SMM secara baik dan konsisten.

Penutupan audit internal

Penutupan audit internal

Wakil Manajemen Drs. Subarkah mewakili Pimpinan Puncak, dalam penutupan audit menghimbau agar seluruh temuan ketidaksesuaian segera ditindaklanjuti dan diselesaikan oleh auditi, sekaligus sebagai persiapan pelaksanaan audit eksternal yang akan dilaksanakan pada 13 sampai dengan 16 Desember 2021.

NYT/HP