Berita » Audit Internal SMM ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2017 Sarana Pengawasan dan Pengendalian Sistem Mutu di Balitkabi

Sambutan Kepala Balitkabi dalam acara Penutupan Audit Internal

Sambutan Kepala Balitkabi dalam acara Penutupan Audit Internal

Balitkabi merupakan UPT di lingkup Kementerian Pertanian yang telah menerapkan dan memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2017. Salah satu persyaratan yang harus dilaksanakan bagi organisasi yang telah menerapkan sistem mutu tersebut adalah Audit Internal. Audit Internal dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pengendalian penerapan sistem mutu. Selain itu juga bermanfaat untuk memastikan dan mengkonfirmasi persyaratan peraturan perundang-undangan terkait ditaati, menentukan tingkat kinerja pengelolaan sistem manajemen, membuktikan tanggung jawab dan komitmen manajemen terhadap penerapan sistem manajemen, memastikan risiko terkait telah dikelola dan dikendalikan dengan baik, mengidentifikasi peluang penghematan sumberdaya dan biaya, perbaikan/peningkatan kinerja, mencegah kehilangan/kerugian (loss prevention) dan peningkatan efisiensi, serta menyediakan informasi yang objektif dan mandiri yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Audit Internal ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2017 telah dilaksanakan pada 26 Agustus hingga 6 September 2019.  Ruang lingkup audit meliputi seluruh bagian di Balitkabi, antara lain: Manajer Puncak (Kepala Balai), Tata Usaha (administrasi, keuangan, kepegawaian, pengadaan, rumah tangga, kendaraan), Pelayanan Teknis, Program, Jasa Pelayanan Penelitian, Kelompok Peneliti (PNP, Ekofisiologi, Proteksi, Sosek Inovasi Pertanian), dan seluruh IP2TP. Audit internal dilaksanakan oleh 13 orang auditor dari tim ISO 9001:2015 dan KNAPPP dengan metode wawancara, observasi, dan tinjauan dokumen dan rekaman.

 

Penyampaian pendahuluan hasil Audit Internal Oleh Dr. Joko Susiso Utomo

Penyampaian pendahuluan hasil Audit Internal Oleh Dr. Joko Susiso Utomo

Ir. Joko Susilo Utomo, MP. Ph.D sebagai lead auditor menyampaikan bahwa implementasi ISO dan KNAPP sebenarnya sederhana yaitu “mengerjakan apa yang ditulis dan menulis apa yang dikerjakan” dan menegaskan kembali bahwa tujuan Audit Internal bukan untuk mencari kesalahan namun untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan dengan dokumen acuan dan perencanaan serta mengecek kelengkapan dokumen sebagai upaya peningkatan sistem manajemen mutu dan perbaikan berkelanjutan. Diharapkan tidak ada temuan berulang dan temuan ketidaksesuaian internal diharapkan tidak lagi menjadi temuan pada audit eksternal selanjutnya..

Pada penutupan Audit Internal tanggal 16 September 2019 di Balitkabi yang dihadiri oleh Kepala Balitkabi, pejabat eselon IV, Koordinator IP2TP, tim pengadaan, Ketua Kelti, penanggung jawab RPTP, auditor dan auditee disampaikan bahwa Pranata litbang Balitkabi telah menerapkan sistem manajemen mutu litbang sesuai Pedoman ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2017. Dokumen Panduan mutu (PM), Prosedur (PR), dan Form telah dibuat mengacu standar mutu yang telah ditetapkan dan disepakati. Namun penerapan sistem mutu sesuai Pedoman ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2017 masih ada beberapa hal yang perlu perbaikan dan peningkatan, diantaranya pada aspek manajemen, kelengkapan dokumen, penyediaan sarana penelitian, dan pembinaan SDM dengan kategori: 22 Mayor, 22 Minor, 9 Observasi untuk ISO 9001:2015 dan 7 Mayor, 15 Minor, 3 Observasi untuk KNAPPP 02:2017.

Susasana Penutupan Audit Internal Balitkabi

Susasana Penutupan Audit Internal Balitkabi

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balitkabi menyampaikan apresiasi kepada tim Auditor dan berpesan agar temuan ketidaksesuaian segera ditindaklanjuti oleh masing masing unit dan mengerjakan tindakan koreksi sebelum batas waktu yang ditentukan.

WR