Berita » Audit Internal SMM ISO 9001:2015 UPBS Balitkabi Tahun 2022

Dalam rangka pemenuhan persyaratan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015 Klausul 9 mengenai Evaluasi Kinerja, UPBS melaksanakan Audit Internal tahun 2022. Tujuan pelaksanaan audit internal adalah untuk memverifikasi, memeriksa, dan mengevaluasi bukti pemenuhan kepastian mutu telah dilaksanakan sesuai dengan persyaratan standar produksi benih BS dan FS serta dipelihara secara efektif. Tahun ini audit internal dilaksanakan lebih awal, karena audit eksternal akan dilaksanakan pada minggu terakhir Februari 2022.

Penutupan Audit Internal UPBS Balitkabi tahun 2022

Penutupan Audit Internal UPBS Balitkabi tahun 2022

Audit internal dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 8 hingga 10 Februari 2022 secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tim auditor internal berjumlah 10 orang, lima diantaranya merupakan staf manajer UPBS yang mengaudit dengan sistem silang antar bagian.

Audit dipimpin oleh lead auditor Sri Ayu Dwi Lestari, M.Si. dengan tim anggota Afandi Kristiono, S.P., Siti Mutmaidah, S.P., Afik Setiawan, M. Khalimi, Salam A.R., S.P., Wiwit Rahajeng, S.P., Kurnia Paramita Sari, M.P., Sri Wahyuningsih, S.P., dan Herdina Pratiwi, S.P., M.P.

Ruang lingkup audit meliputi seluruh bagian di UPBS (Direktur UPBS, Produksi, Gudang dan Prosesing, Pemasaran, Administrasi dan Keuangan, serta Kendali Mutu). Audit dilaksanakan melalui metode wawancara, observasi lapang, dan evaluasi informasi terdokumentasi.

berita-220211-auditinternal2022-b

Pada penutupan Audit Internal tanggal 10 Februari 2022 yang dihadiri oleh Plh. Plt. Kepala Balitkabi, Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknik, Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian, Wakil Direktur UPBS, Manajer UPBS dan staf, serta para auditor, disampaikan bahwa dari audit yang telah dilakukan didapatkan hasil dari Aspek Positif adalah UPBS Balitkabi telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai Pedoman ISO 9001:2015 yang dapat dilihat dari terlaksananya program ISO sesuai jadwal, dan Dokumen Panduan Mutu (PM), Prosedur (PR), Form, dan SOP telah dimutakhirkan mengacu pada standar yang telah ditetapkan dan peraturan perundang-undangan terbaru.

Dari sisi Aspek Peningkatan, Penerapan Sistem Mutu sesuai Pedoman ISO 9001:2015 di UPBS Balitkabi masih ada beberapa hal yang perlu perbaikan dan peningkatan, diantaranya pada aspek kelengkapan dokumen, pembinaan SDM, dan konsistensi dalam penerapan SOP, dan ditemukan sejumlah ketidaksesuaian dengan kategori Mayor, Minor, dan Observasi.

Lead Auditor Sri Ayu Dwi Lestari, M.Si, menyampaikan bahwa temuan ketidaksesuaian dengan kategori mayor harus diselesaikan dalam waktu 2 minggu dan temuan minor 4 minggu. Sebagai penutup, Plh. Plt. Kepala Balitkabi, Dr. Nur ‘Aini Herawati, S.Si., M.Sc., menyampaikan agar semua temuan ketidaksesuaian dapat segera diselesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Pelaksanaan Audit Internal di setiap bagian UPBS Balitkabi

Pelaksanaan Audit Internal di setiap bagian UPBS Balitkabi

Semua temuan ketidaksesuaian tersebut dapat menjadi modal yang sangat bagus untuk pembenahan secara manajerial maupun secara teknis. Kedepan diharapkan dengan tim UPBS yang didominasi oleh tenaga muda yang tentunya lebih enerjik dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk  Balitkabi dan secara nasional dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Semoga tim UPBS tetap bisa menjaga semangat dan komitmen dalam menjalankan tugas yang diamanahkan.

WR/HP