Berita ยป Audit Internal UPBS, Perbaiki Kinerja Perbenihan Balitkabi

ISO 9001:2008 merupakan suatu sarana untuk menghasilkan produk yang bermutu. UPBS Balitkabi meraih ISO 9001:2008 sejak tahun 2010. Sejak saat itu, proses produksi benih sumber tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian bermutu berpatokan pada standar ISO 9001:2008. Setiap tahun dilakukan penyempurnaan dengan audit, internal maupun eksternal. Audit internal wajib dilakukan sebelum audit eksternal.

Mulai tanggal 12 hingga 28 Februari 2014, UPBS Balitkabi mengauditkan diri secara internal. Auditornya Dr. Novita Nugrahaeni dan Ir. Henny Kuntyastuti, MS. Pembukaan auditing dilakukan pada 12 Februari, dihadiri 20 orang antara lain: Plh. Direktur, Wakil Direktur, Manajer Kendali Mutu, Manajer Produksi, Manajer Gudang, Manajer Pemasaran, Manajer Administrasi dan Keuangan, serta seluruh staf UPBS.

Auditor melaksanakan audit pada seluruh kegiatan produksi benih kacang-kacangan dan umbi-umbiani, baik dokumen maupun kegiatan di lapang. Pemeriksaan lapangan dilakukan di gudang UPBS, KP Kendalpayak, dan KP Muneng.

Penutupan audit dilaksanakan pada Jumat (28/2), dihadiri oleh Plh. Direktur, Wakil Direktur, seluruh manajer beserta staf UPBS. Setiap evaluasi selalu ada yang perlu ditingkatkan. Kekurangan berupa ketidaksesuaian mayor atau minor yang ditemukan merupakan bahan untuk menyempurnakan prosedur sesuai dengan ISO 9001:2008 dan berdampak positif pada lebih tingginya mutu produksi benih yang dihasilkan UPBS Balitkabi.

Mita, Titik/AW