Berita » Audit Re-Sertifikasi UPBS Balitkabi Tahun 2022

UPBS Balitkabi merupakan unit yang bertugas untuk memproduksi benih sumber aneka kacang dan umbi untuk kelas benih penjenis (BS) dan benih dasar (FS). Sebagai jaminan mutu benih yang dihasilkan, UPBS telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang mengacu pada ISO 9001:2015 pada pelaksanaan produksi benih. Pada tanggal 1-2 Maret 2022, Audit Eksternal secara daring telah dilakukan di UPBS Balitkabi oleh LSSM (Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu) Benih dan Bibit, PT. Agri Mandiri Lestari dengan auditor  W. Widiatmoko dan Pradipto Windiananto. Audit kali ini merupakan tahapan Audit Re-Sertifikasi, yaitu Re-Sertifikasi yang ke-4 sejak UPBS mendapatkan akreditasi pertamanya di tahun 2010.

Pembukaan Audit Eksternal UPBS Balitkabi

Pembukaan Audit Eksternal UPBS Balitkabi

Pembukaan audit eksternal dihadiri oleh Wakil Direktur UPBS Balitkabi, seluruh manajer UPBS Balitkabi, Sub Koordinator Substansi Yantek, dan Sub Koordinator Substansi Jaslit. Pada pembukaan, W. Widiatmoko menjelaskan bahwa audit eksternal bertujuan untuk memastikan pelaksanaan kegiatan produksi benih telah dilakukan sesuai prosedur dan standar baku yang telah ditetapkan berdasarkan bukti-bukti yang ada. Selanjutnya Widiatmoko menyampaikan, karena audit ini merupakan Audit Re-Sertifikasi, maka audit difokuskan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pada periode sertifikasi sebelumnya, sehingga nantinya dapat disimpulkan apakah Balitkabi bisa mendapatkan rekomendasi untuk mendapatkan sertifikasi kembali.

Sambutan dari Hindarwati, Ketua LSSM Benih dan Bibit PT. Agri mandiri Lestari pada penutupan audit eksternal UPBS Balitkabi

Sambutan dari Hindarwati, Ketua LSSM Benih dan Bibit PT. Agri mandiri Lestari pada penutupan audit eksternal UPBS Balitkabi

Selama dua hari, dilakukan audit terhadap ruang lingkup UPBS, yaitu: Direktur UPBS, Manajer Kendali Mutu, Manajer Administrasi dan Keuangan, Manajer Pemasaran, Manajer Produksi, dan Manajer Gudang. Audit dilaksanakan dengan diskusi melalui melalui media online, pemeriksaaan rekaman, dan konfirmasi dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya.

Pada closing meeting disampaikan beberapa temuan ketidaksesuaian yang masuk dalam kategori mayor, minor, dan observasi dan dapat disimpulkan bahwa:

–  Penerapan sistem manjemen mutu SNI ISO 9001:2015 pada UPBS Balitkabi masih perlu penyempurnaan, baik yang menyangkut dokumen maupun teknis pelaksanaannya.

–  Tim auditor memberikan rekomendasi kepada Ketua LSSM Benih dan Bibit bahwa sertifikat SMM bisa diperpanjang apabila seluruh ketidaksesuaian telah ditindaklanjuti dan dinyatakan memadai  oleh auditor.

Penutupan Audit Eksternal UPBS Balitkabi

Penutupan Audit Eksternal UPBS Balitkabi

Sebagai penutup, Hindarwati selaku Direktur PT. Agri Mandiri Lestari, menyampaikan bahwa pergantian personel UPBS Balitkabi untuk kemajuan dan perbaikan berkelanjutan. Hindarwati juga meyakini UPBS Balitkabi dapat segera menindaklanjuti temuan ketidaksesuaian sehingga sertifikat baru dapat diterbitkan.

WR/HP