Berita » Balitkabi Latih Babinsa Kab Ngawi Praktik Budi Daya Kedelai di KP Ngale

Badan Litbangtan Kementerian Pertanian terus mendorong realisasi kerjasama dengan TNI untuk menyuskseskan peningkatan produksi kedelai menuju swasembada. Untuk itu, Jumat (23/1), rombongan anggota Babinsa Kodim 0805 Kabupaten Ngawi sebanyak 170 orang, dikomandani Pasiter Kodim 0805 Kapten Suparmin, berkunjung ke KP Ngale. Kunjungan dan praktik lapang dilakukan dalam rangka Pelatihan “Mobile Training Team” yang bertujuan untuk ikut berperan aktif dalam pendampingan penyuluh demi suksesnya swasembada pangan tiga tahun ke depan. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan apel, dipimpin Kapten Suparmin, dilanjutkan sambutan Kepala KP Ngale, Slamet Ariadi, SP, disambung pengarahan dari Penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan Kab. Ngawi.

Pascapengarahan, peserta pelatihan menuju ke sawah untuk praktik tanam kedelai. Pak Tentara ini praktik mulai dari persiapan hingga tanam dipandu langsung oleh Pak Slamet. Seluruh kegiatan diikuti secara lengkap oleh peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan diskusi tentang pemeliharaan tanaman serta pengendalian hama tanaman kedelai. Secara bergilir peserta ikut melaksanakan dan praktik bertanam kedelai. Setelah selesai praktik tanam, peserta juga mengikuti kegiatan tanam kacang hijau berikut cara pemanenannya secara seksama. Selesai kegiatan di sawah, para bapak tentara ini berdiskusi untuk mengevaluasi hasil praktik di lapang dipimpin langsung oleh Kapten Suparmin dengan para pelatih/penyuluh Dinas Ketahanan Pangan Kab. Ngawi dan Staf KP Ngale.


Pada saat penutupan, Kasdim 0805 Ngawi, Mayor Mulyadi, menyatakan bahwa keberhasilan swasembada pangan ditentukan oleh sinergisme antara rakyat, TNI, dan Kementan. Diharapkan semua peserta dapat mengimplementasikan dengan baik ilmu yang telah diperoleh pada acara pelatihan di daerah amsing-masing. SA/KN/GWAS/AW