Berita » Balitkabi berpartisipasi dalam “Show window”

Tanam kacang

Tanam kacangBalitkabi berpartisipasi dalam “Show window” yang dipusatkan di halaman gedung Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Lokasinya berdekatan dengan gedung PIA (Pusat Informasi Agribisnis). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempera­gakan pertanaman dari berbagai komoditas, baik tanaman pangan, perkebunan, maupun sayuran. Penanggung jawab pelaksanaan kegiatan adalah Badan Litbang Pertanian, sedang pelaksana kegiatan dilakukan oleh Balai Peneli­tian yang berada di bawah UPT Badan Litbang Pertanian.

 

Untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkup Puslibangtan, kegiatan tanam dilaksanakan tanggal 20 Januari 2011 dilakukan serempak oleh Balitkabi, BB Padi, dan Balitsereal. Sesuai dengan mandat yang diemban, Balitkabi, menanam varietas unggul kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, dan ubi kayu.

Varietas yang ditanam adalah: kedelai (Detam-1, Grobogan, Anjasmoro), kacang tanah (Kancil , Jerapah, Talam 1); Kacang hijau: (Kutilang dan Vima 1); Ubi kayu (Malang-1, Malang 4, Adira-4, CMM 02048-6), dan Ubi jalar (RIS 03065-03, MSU 03028-10, Antin-1, Beta-2, Beta 1).

Walau dalam kondisi iklim/cuaca yang kurang naik, pertumbuhan awal dari pertanaman kabi (kacang-kacangan dan ubi-ubian) cukup baik. Pemberian pupuk dasar sudah dilakukan pada tanggal 08 Februari 2011 baik untuk kacang-kacangan maupun ubi-ubian. Pupuk diberikan dengan takaran sebagai berikut.

  • Kedela, kacang tanah, dan kacang hijau : 75 kg Urea + 100 kg SP-36 + 100 kg KCl per hektar. Semua pupuk telah diberikan sebagai pupuk dasar.
  • Ubi kayu : 200 kg Urea + 100 kg SP36 + 100 kg KCl per hektar (½ dosis Urea, seluruh dosis SP36, dan ½ dosis KCl, diberikan sebagai pupuk dasar, sisanya diberikan pada umur 2 bulan
  • Ubi jalar : 200 kg Urea + 100 kg SP-36 + 100 kg KCl per hektar (1/3 dosis Urea, seluruh dosis SP36, dan 1/3 dosis KCl, diberikan sebagai pupuk dasar, sisanya diberikan pada umur 1½ bulan)

Tanam kacang

Tanam kacang untuk Show Window

 

Pertanaman Show Window

Pertanaman Balitkabi di Show Window