Berita » Balitkabi berupaya Meraih Sertifikasi KNAPPP 02:2007

Pranata penelitian dan pengembangan sangat penting artinya untuk mengawal lembaga penelitian dan pengembangan agar kinerjanya selalu terjaga kualitas dan efisiensinya. Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) merupakan lembaga non struktural yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi.

Tugas dari KNAPPP yaitu memperkuat sistem tata kelola lembaga melalui pemberian akreditasi (pengakuan) dalam rangka peningkatan kinerja dan perbaikan kualitas implementasi program. Balitkabi sudah memiliki sertifikat ISO 17025:2005, dan juga sebagai balai komoditas yang mendapatkan Pusat Unggulan Iptek (PUI).

Berdasar hal tersebut, Balitkabi sangat perlu memiliki sertifikat KNAPPP, agar dalam melaksanakan fungsinya Balitkabi tetap memperhatikan mutu dan efisiensi pranata penelitian dan pengembangannya. Proses untuk mendapatkan KNAPPP sudah dimulai setahun yang lalu, diawali penyusunan dokumen.

Dokumen KNAPPP juga terdiri dari empat level: (1) Panduan Mutu (PM), (2) Prosedur (PR), (3) Instruksi Kerja (IK), dan (4) Keformuliran. Tahap penyusunan dokumen telah rampung, tahap selanjutnya adalah sosialisasi dan pelatihan. Sosialisasi dan pelatihan dilakukan selama 3 hari, 25‒27 September 2015.

Sosialisasi diberikan kepada semua pegawai Balitkabi serta Kepala dan beberapa staf Kebun Percobaan. Sosialisasi bertujuan untuk memperkenalkan kepada seluruh pegawai apakah KNAPPP dan alasan kenapa Balitkabi perlu bersertifikat KNAPPP. Selain sosialisasi, khusus pelatihan dilakukan selama 2 hari.

Pelatihan diikuti oleh 29 staf Balitkabi yang berperan dalam penyusunan dokumen serta calon-calon auditor. Sosialisasi dan Pelatihan diberikan oleh Drs. OK Sofyan dan Wildani Thaharah S.Psi., M.Si. dari sekretariat KNAPPP Kemenristek Dikti.

Peserta sosialisasi dan pelatihan KNAPPP (kiri) dan narasumber dari sekretariat KNAPPP Kemenristek Dikti.

Peserta sosialisasi dan pelatihan KNAPPP (kiri) dan narasumber dari sekretariat KNAPPP Kemenristek Dikti.

Sambutan Kepala Balitkabi di akhir acara (kiri) dan foto bersama peserta pelatihan dengan narasumber.

Sambutan Kepala Balitkabi di akhir acara (kiri) dan foto bersama peserta pelatihan dengan narasumber.

Sosialisasi dibuka oleh Plh. Kepala Balitkabi, Dr. Gatut Wahyu Anggoro, yang dalam sambutannya, menghimbau agar para peserta mengikuti kegiatan dengan seksama agar dapat memahami, tak terkecuali Kepala Kebun Percobaan karena selanjutnya mereka wajib mensosialisasikan kepada staf di KP.

Sambutan Kepala Balitkabi pada hari terakhir, Dr. Didik Harnowo menyerahkan sepenuhnya kepada Drs. OK Sofyan untuk melatih para calon auditor internal Balitkabi agar menjadi auditor yang andal dan harapannya adalah secepat mungkin KNAPPP dapat segera diraih.

Mita