Berita » Balitkabi Ikuti Forkom Pengadaan Barang/Jasa Lingkup Kementan 2019

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmono, M.Sc

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmono, M.Sc

Biro Umum dan Pengadaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian menyelenggarakan Forum Komunikasi Pelaku Pengadaan Barang/Jasa dalam rangka meningkatkan Kompetensi dan Kapabilitas SDM pelaku pengadaan barang / jasa dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Latar belakang kegiatan ini adalah untuk mendukung tercapainya tujuan dan program pembangunan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kedaulatan pangan yang sangat berkaitan erat dengan kesejahteraan petani, sehingga dalam proses mewujudkan tujuan kementerian tersebut pengadaan barang jasa juga sangat berperan penting.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan oleh Biro Umum dan Pengadaan. Ini merupakan salah satu respon Kementerian Pertanian untuk mendukung segala bentuk reformasi yang dilakukan LKPP dalam mengembangkan sistem dan metode pengadaan barang /jasa. sehingga dapat mencapai tujuan Pengadaan Barang jasa yaitu Value For Money, dimana setiap rupiah yang dikeluarkan harus mendapatkan barang jasa yang tepat, baik dalam aspek kualitas dan kuantitas, waktu, dan lokasi. Sehingga asas manfaat dapat dirasakan oleh pengguna.

Acara dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2019, di Hotel PO, Semarang, di ikuti oleh 94 UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian. Balitkabi mengirimkan Yulius Eko Laxmana Samba A.Md untuk mengikuti acara tersebut. Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmono, M.Sc. “ Setiap pelaku PBJ harus memahami peraturan PBJ, menjunjung tinggi prinsip dan etika PBJ, meningkatkan kinerja pengadaan BJ dalam mendukung terwujudnya tujuan dan program pembangunan Kementerian Pertanian” kata Momon dalam sambutannya.

Tiga komponen penting dalam proses Pengadaan Barang Jasa yaitu Regulasi, Sistem, dan Sumber Daya Manusia. Dalam aspek regulasi landasan hukum sesuai Peraturan Presiden No 16 tahun 2018 dan dilengkapi dengan 13 Peraturan Lembaga LKPP yang merupakan dasar pelaku Pengadaan Barang Jasa dalam melakasanakan proses Pengadaan Barang Jasa. Dalam aspek sistem meliputi organisasi dan sistem informasi pengadaan, dimana organisasi di Kementerian Pertanian tugas ini ada pada biro umum dan pengadaan sebagai UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa), sehingga semua proses Pengadaan Barang Jasa dilakukan 1 pintu melalui UKPBJ. Dari aspek Sumber Daya Manusia, setiap pelaku Pengadaan Barang Jasa harus memiliki kualifikasi dan kompetensi, sehingga untuk mendukung peningkatan kompetensi pelaku PBJ perlu diselenggarakan forum atau bimbingan teknis, terkait regulasi dan proses Pengadaan Barang Jasa. Pengadaan Barang / Jasa terdiri dari tahap perencanaan,persiapan, persiapan metode pemilihan, pelaksanaan pemilihan, kontrak, serah terima barang jasa.

Suasana acara Forkom Pengadaan Barang/Jasa Lingkup Kementan 2019

Suasana acara Forkom Pengadaan Barang/Jasa Lingkup Kementan 2019

Presentasi “Mekanisme Proses Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa melalui UKPBJ Kementerian Pertanian” oleh Toto Sumanto (Ka.Bag.Layanan Pengadaan Barang/ Jasa)

Presentasi “Mekanisme Proses Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa melalui UKPBJ Kementerian Pertanian” oleh Toto Sumanto (Ka.Bag.Layanan Pengadaan Barang/ Jasa)

Forum Komunikasi pelaku PBJ membahas 5 materi penting yaitu : (1) Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Perencanaan, Proses Pemilihan Penyedia, dan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa oleh Hayidrali sebagai Tim Ahli Stranas Pencegahan Korupsi, KPK, (2) Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa dan Tata Cara Penyusunan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang disampaikan oleh Patria Susantosa merupakan Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP, (3) Implementasi Ketentuan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 7/PRT/M/2019 tentang standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi dan Mekanisme serah terima Pekerjaan Konstruksi oleh Dr. Ir. Ali Amal M.Si dari Direktorat Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (4) Penggunaan dan Penanggulangan Permasalahan Sistem Pengadaan secara Elektronik (SPSE) bagi PPK, Pokja Pengadaan Barang/Jasa, Pejabat Pengadaan, dan UKPBJ oleh Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan secara Elektronik LKPP dan Tim LPSE Kementerian Pertanian, (5) Mekanisme Proses Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa melalui UKPBJ Kementerian Pertanian oleh Toto Sumanto sebagai Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang/ Jasa, dibantu Pejabat Fungsional Pengadaan Barang/Jasa.
YELS