Berita » Balitkabi Ikuti Koordinasi Pengelolaan TIK Lingkup Balitbangtan 2019

whatsapp-image-2019-08-08-at-07-52-45

Koordinasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi lingkup Balitbangtan tahun 2019 telah terselenggara pada 5 – 7 Agustus 2019 di Hotel Dafam, Semarang. Inovasi TIK dalam mendukung Pertanian 4.0 diangkat sebagai tema pada kegiatan koordinasi tahun ini. Tema ini dinilai tepat sesuai dengan kondisi perkembangan teknologi di bidang industri yang ingin diimplementasikan ke dalam bidang pertanian. Acara diikuti oleh penanggung jawab/pengelola TIK dari UK/UPT di lingkup Balitbangtan. Balitkabi mengirimkan dua personel yang berkompeten di bidang TIK yaitu Abi Supiyandi, S. Komp dan Artdhe Nugraha untuk mengikuti acara tersebut.

Acara secara resmi dibuka oleh Kabag. Perencanaan Balitbangtan Dr. Ketut Gede Mudiarta. “TIK harus mendukung penyebarluasan inovasi dan mendorong tumbuhnya pertanian modern berbasis teknologi informasi” kata Mudiarta dalam sambutannya.

whatsapp-image-2019-08-05-at-20-14-45

Dr. Ketut G. Mudiarta membuka rangkaian acara Koordinasi

koordinasi

Suasana Koordinasi TIK Semarang

Koordinasi membahas empat materi penting yaitu : (1) Strategi Kehumasan Kementerian Pertanian disampaikan oleh Wahyu Indartom dari Biro Humas dan Informasi Publik; (2) TIK Kementerian Pertanian Mendukung Pertanian 4.0, disampaikan oleh Paulus Basuki KS dari Pusdatin; (3) Dukungan IoT dalam Mendukung Pertanian Di Era Revolusi Industri 4.0, disampaikan oleh Fita Indah Maulani dari Asosiasi IoT Indonesia; dan (4) Dukungan IT dalam Menghadapi Pertanian 4.0 disampaikan oleh Firman Ardiansyah, pengajar dari Institut Pertanian Bogor. Selain materi dari narasumber, disampaikan pula inovasi berbasis TIK berupa aplikasi atau IoT yang mulai diimplementasikan ataupun sedang dikembangkan di UK/UPT lingkup Balitbangtan.
AS/AN