Berita » Balitkabi Ikuti Project Completion Report and Evaluation SMARTD Balitbangtan 2012-2019

smartd

Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, M.S. dalam Project Completion Report and Evaluation SMARTD Balitbangtan 2012-2019

Balitkabi yang diwakili oleh Dr. Yuliantoro Baliadi, Ir. Lawu Joko Santoso dan Rina Artari, M. Biotech menghadiri undangan Balitbangtan cq. SMARTD pada acara Project Completion Report and Evaluation SMARTD Balitbangtan 2012-2019, di Denpasar Bali pada 19-21 Juni 2019. Acara dihadiri 200 peserta terdiri dari : KPA, PPK dan Pokja Pengadaan Barang dan Jasa dari 32 satker lingkup Balitbangtan, Sekretaris Badan Litbang Dr. Ir. M. Prama Yufdy, M.S., Manajer SMARTD Dr. Bram Kusbiantoro, Kabag Umum Balitbangtan Drs. Edi Sugianto, M.M. dan Perwakilan World Bank.
Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Prama Yufdy, M.S. didampingi Manajer SMARTD Dr. Bram Kusbiantoro, Kabag Umum Balitbangtan Drs. Edi Sugianto, MM dan Perwakilan World Bank sampaikan berita baik yakni dari sisi manajemen, kegiatan K/L yang dibiayai oleh Luar Negeri, SMARTD dinyatakan terbaik dan Piagam diserahkan langsung di kantor Kemenkeu. Sekretaris Balitbangtan dalam arahannya menyampaikan, dari sisi pelaksanaan banyak capaian bagus termasuk secara fisik bangunan dan alat-alat laboratorium. Penekanan khusus terutama ditujukan untuk pengawalan pemeliharaan terhadap semua yang sudah diupayakan kepada seluruh satker. Menurut Prama, SMARTD dimaknai sebagai sumber anggaran dan apa yang diupayakan adalah mendukung seluruh program Balitbangtan sehingga satker wajib menyiapkan anggaran pemeliharaan. Dari sisi keselamatan dan kesehatan kerja terkait lingkungan diakui implementasinya masih terbatas sehingga tetap menjadi acuan untuk dilanjutkan. “Sebanyak 17 satker yg sudah difasilitasi harus menjadi contoh”, lanjut Prama.
Komitmen Kepala Balitbangtan yang luar biasa disampaikan juga pada acara ini, diantaranya dengan melanjutkan pengiriman petugas belajar dan peneliti pada seminar/workshop ke luar negeri dengan sumber APBN dengan akan berakhirnya SMARTD di tahun 2019. Khusus kerjasama penelitian perlu dievaluasi, direcord dan didokumentasikan kegiatan serta hasilnya.

smartd4

Gambar 1. Sekretaris Balitbangtan, Manager SMARTD dan Perwakilan World Bank

Acara dilanjutkan workshop yang dibagi menjadi beberapa tema bahasan diantaranya : 1) Pengadaan Barang/Jasa; 2) SMK3/ECOP; 3) KP4S; dan 4) Sertifikasi KP sesuai dengan undangan panitia. Pada workshop Pengadaaan Barang/Jasa masing-masing satker mempresentasikan progress dan pemanfaatan hasil dari pengadaan SMARTD (manfaat, pengelolaan dan pemeliharaan hasil pengadaan gedung/bangunan dan peralatan dari sumber SMARTD.
Balitkabi yang diwakili oleh Ir. Lawu Joko Santoso selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mempresentasikan progress report dan pemanfaatan pengadaan barang dan jasa Balitkabi. Balitkabi mendapatkan pujian mengenai pengelolaan dan pemanfaatan Kebun Percobaan dan Laboratorium untuk mendukung kegiatan sesuai TUPOKSI. Balitkabi dapat dijadikan contoh tentang pengelolaan dan pemanfaatan Kebun Percobaan serta Laboratorium untuk satker-satker lainnya. Rangkaian acara tersebut rencananya akan ditutup pada tanggal 21 Juni 2019 dengan pemaparan hasil pengumpulan dan analisis data studi Return of Investment (RoI) dari tim SMARTD.

RA/YBD