Berita » Balitkabi Ikuti Sosialisasi dan Workshop Pengisian E-Sakip Lingkup Balitbangtan

Sosialisasi dan Workshop e-SAKIP di Bogor, 26-27 Agustus 2019

Sosialisasi dan Workshop e-SAKIP di Bogor, 26-27 Agustus 2019

Sosialisasi dan Workshop pengisian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (e-SAKIP) oleh Kementerian Pertanian dan Balitbangtan telah diselenggarakan di Bogor pada 26 – 27 Agustus 2019. Hari pertama diawali dengan sosialisasi SAKIP oleh Biro Perencanaan, dilanjutkan workshop pengisian e-SAKIP oleh Balitbangtan pada hari ke dua.

Sosialisasi dan workshop diikuti oleh 59 UK/UPT lingkup Balitbangtan, masing-masing institusi diwakili oleh dua atau tiga orang petugas dan operator. Dr. Titik Sundari dan Budi Waluyo merupakan petugas dan operator e-Sakip dari Balitkabi.

Tujuan diadakan sosialisasi dan workshop pengisian e-SAKIP adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelola SAKIP lingkup Kementan, khususnya dalam melakukan pemantauan rencana aksi dan capaian kinerja (IKU), meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang aplikasi e-SAKIP Kementerian Pertanian, serta meningkatkan kualitas dokumen SAKIP lingkup Kementan.

Suasana workshop e-SAKIP (kiri) dan petugas serta operator e-SAKIP Balitkabi dengan serius mengikuti Workshop (kanan)

Suasana workshop e-SAKIP (kiri) dan petugas serta operator e-SAKIP Balitkabi dengan serius mengikuti Workshop (kanan)

Sasaran dari sosialisasi dan workshop pengisian e-SAKIP yaitu meningkatkan kualitas pelaksanaan SAKIP di lingkup Kementan, dengan harapan penilaian e-SAKIP Kementan mendapatkan nilai “A”. Untuk itu masing-masing unit kerja lingkup Kementan harus tertib melakukan upload realisasi capaian kinerja secara periodik, karena penilaian SAKIP dilakukan terhadap capaian kinerja dan pengukuran kinerja. Untuk mendukung keberhasilan tersebut, operator atau petugas SAKIP harus mampu mengoperasionalkan dan memahami aplikasi e-SAKIP. Sistem ini memuat: perencanaan kinerja (Renstra), capaian kinerja (Lakin), pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi kinerja.

Pada kesempatan ini dilakukan inventarisasi kendala-kendala yang dihadapi masing-masing petugas atau operator e-SAKIP dalam melaksanakan upload target, rencana aksi, dan capaian kinerja di masing-masing UK/UPT. Selanjutnya kendala dan permasalahan yang teridentifikasi dibahas dan dipecahkan secara bersama-sama dengan bimbingan petugas dan programmer dari Badanlitbang Pertanian serta operator dari Puslit.

Melalui workshop ini, diharapkan kendala yang dihadapi selama ini dapat terselesaikan dan masing-masing operator di UK/UPT dapat mengupload progress capaian kinerja bulanan secara tepat waktu.
TS