Berita » Balitkabi Ikuti Temu Teknis Pengelolaan Jurnal Lingkup Balitbangtan

Balitkabi mengikuti acara Temu Teknis Pengelolaan Jurnal Elektronik Lingkup Balitbangtan yang diselenggarakan secara offline dan online oleh Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian pada tanggal 23 – 25 Maret 2022, bertempat di Hotel Grand Arkenso Parkview, Semarang, Jawa Tengah.  Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Balitkabi Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom. dan Anggota Tim IT Balitkabi (Dendy Satyabima, S.TP.) mengikuti acara tersebut.

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA (tengah) saat menyampaikan arahannya, didampingi Kabag Perencanaan Balitbangtan Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D. (kiri), dan Kepala BPTP Jawa Tengah, Dr. Ir. Joko Pramono, MP. (kanan)

Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA (tengah) saat menyampaikan arahannya, didampingi Kabag Perencanaan Balitbangtan Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D. (kiri), dan Kepala BPTP Jawa Tengah, Dr. Ir. Joko Pramono, MP. (kanan)

Narasumber yang hadir pada acara temu teknis tersebut adalah Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, Kepala Bagian Perencanaan Balitbangtan Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D., Kepala BPTP Jateng Dr. Ir. Joko Pramono, MP., Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Gunawan, S.P., M.Si., dan Tim Open Journal Systems (OJS) dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Bursatriannyo, S. Kom., dan Slamet Sutriswanto), Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Dosen Universitas Diponegoro Semarang), dan Anggota Tim IT dari Badan Litbang Kementerian Kesehatan, Happy Chandraleka, ST.

berita-250322-temu-teknis-b

 

Arif Surahman dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Balitbangtan mengkoordinir 28 jurnal yang sudah terakreditasi Science and Technology Index (SINTA), baik Kategori 1 dan Kategori 2, dan terdapat dua jurnal yang sudah terindeks Scopus. Harapannya adalah agar kedepan semakin banyak jurnal yang terindeks Scopus. Berikutnya Joko Pramono menerangkan “Saya melihat bahwa Balitbangtan telah mampu beradaptasi dengan era digital ini terutama dalam menghilirisasikan karya ilmiah dari para pengkaji dan periset ke berbagai media. Sudah banyak informasi teknologi dan publikasi yang disampaikan melalui media cetak maupun media elektronik, semoga hal yang sudah baik ini menjadi lebih baik, terlepas siapapun yang menjadi pengelolanya.”

Gunawan menyampaikan tentang strategi PUSTAKA dalam pengelolaan jurnal lingkup Kementerian Pertanian paska transformasi kelembagaan K/L. Bursatriannyo menyampaikan presentasi dengan tema evaluasi pengelolaan OJS lingkup Balitbangtan. Kemudian dipaparkan juga materi oleh Slamet Sutriswanto tentang peluang jurnal lingkup Balitbangtan untuk terindeks di lembaga pengindeks bereputasi. Topik penting lain yang disampaikan apda pertemuan ini adalah tentang pengembangan pengelolaan jurnal nasional menuju jurnal indeksasi internasional bereputasi oleh Istadi, dan strategi migrasi dari OJS 2 ke OJS 3 oleh Happy Chandraleka.

Peserta offline Temu Teknis Pengelolaan Jurnal lingkup Balitbangtan

Peserta offline Temu Teknis Pengelolaan Jurnal lingkup Balitbangtan

Sesi diskusi diwarnai dengan banyaknya peserta temu teknis yang aktif memberikan saran, kritik, dan masukannya terkait pengembangan dari OJS agar menjadi lebih up to date dan dapat bergerak mengikuti dinamika perkembangan teknologi yang kualitasnya terus meningkat.

Di akhir acara, Haris Syahbuddin menyampaikan arahannya bahwa salah satu harta kekayaan aset Kementerian Pertanian, khususnya Balitbangtan, adalah berupa tulisan ilmiah yang tertuang dalam jurnal, buletin, dan warta. “Oleh karena itu, kita harus menaikkan mutu dan menjaga kontinuitas dalam membuat tulisan ilmiah”, tegas Haris.

DSB