Berita » Balitkabi Ikuti Workshop ί-Program 2012

i-program1

Dalam rangka meningkatkan kinerja manajemen Badan Litbang Pertanian termasuk manajemen perencanaan program dan anggaran, maka Badan Litbang Pertanian telah menyempurnakan pengembangan sistem informasi manajemen perencanaan (SIMPROG) yang disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan manajemen. Sistem informasi manajemen program telah dikembangkan menjadi aplikasi intranet program (ί-Program) yang berbasis web based. Pengembangan ί-Program dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dan disiplin dalam penyajian data yang ter-update, valid dan accountable serta umpan balik pengguna untuk pengembangan lebih lanjut dalam bentuk penyajian format laporan (report), cakupan perekaman data, penyempurnaan sistem peng-entry-an dan penyajian tampilan (fiture) form yang berorientasi intranet berbasis web.

Balitkabi telah mengirimkan perwakilannya dalam acara ini yang diikuti oleh Intarti SP dan Budi Waluyo yang keduanya merupakan staf pelayanan teknis (Yantek). Kegiatan ί-Program bertempat di Novotel Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 18 s/d 21 Nopember 2012 dan dibuka oleh Kepala BPTP Yogyakarta (Dr Sudarmadji). ί-Program diikuti oleh 128 orang dari lingkup Badan Litbang Pertanian (Puslitbang, Balai Besar, Balai Komoditas dan 33 BPTP) yang terdiri dari Kabid PE dan Monitoring, Kasie Yantek serta tenaga operator.

ί-Program berbasis internet ditujukan dalam rangka meningkatkan kinerja manajemen perencanaan Badan Litbang Pertanian, khususnya meningkatkan kualitas perencanaan program penganggaran dan mewujudkan program perencanaan Litbang yang efisien dan efektif. ί-Program bersifat on-line sehingga masing-masing UK dan UPT dapat meng-entry sendiri tanpa terbatas oleh ruang maupun waktu. Untuk kegiatan tahun 2014 dapat meng-entry mulai tanggal 1 Januari 2013 sampai dengan 28 Februari 2013 kemudian diusulkan dari UPT yang selanjutnya disampaikan ke kantor Pusat tutur Dr Rohlini. Target dari workshop ί-Program diharapkan setiap Uk dan UPT dapat merekap semua RPTP/RDHP/RKTM tahun 2012 dan 2013 yang dipandu dengan menggunakan aplikasi ί-Program secara bertahap dan buku panduan.

Untuk dapat mengakses dan meng-entry RPTP/RDHP/RKTM yang akan diajukan ke kantor pusat maka harus memerlukan perangkat keras (hardware) meliputi; (1) minimum pentium IV, (2) memory 1 GB, (3) hardisk 100 GB, (4) monitor dengan resolusi minimum 800×600, (5) keyboard dan mouse, (6) koneksi internet (rekomendasi bukan dial-up seperti telkomnet karena dikawatirkan lambat dalam proses uploud. Sementara itu, kebutuhan perangkat lunak meliputi; (1) sistem operasi minimum (apabila menggunakan vendor Windows) Windows XP, Linux (Distro ubuntu, fedora, redhat dll), (2) oleh karena sistem aplikasi ini berbasis web, maka untuk menggunakan sistem intranet tersebut diperlukan browser, (3) penggunaan browser yang direkomendasikan adalah Mozilla Firefox versi 3.6 (browser ini dapat diunduh pada laman: http://www.mozilla.com/id/firefox/. Atau browser lainnya seperti seperti Internet Explorer, Google Chrome,Opera dll, (4) aplikasi pendukung lainnya sepertri aplikasi perkantoran dari Ms.Office.

Entry data RPTP/RDHP/RKTM Balitkabi yang dilakukan oleh Intarti SP


Peserta ί-Program 2012 di Novotel Yogyakarta