Berita » Balitkabi Kenalkan Inotek Ubi Kayu di Sukabumi

Hamparan ubi kayu di salah satu petani kooperator

Hamparan ubi kayu di salah satu petani kooperator

Sukabumi merupakan salah satu sentra ubi kayu di Indonesia dan juga telah memposisikan konsep hulu-hilir. Badan Litbang Pertanian melalui kegiatan Riset Inovatif dan Kolaboratif (RIK) TA 2021, turun all out, melibatkan enam UK/UPT-nya untuk menuntaskan hulu-hilir ubi kayu. Kegiatan dilaksanakan di Kelompok Tani Boga Citra, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi dan melibatkan 16 petani kooperator.

Payung penelitiannya adalah bertemakan Teknologi Sistem Produksi Ubi Kayu melalui Pendekatan Partisipatori Mendukung Pengembangan Pangan Lokal. Titik kendalinya adalah memperbaiki inotek ubi kayu speklok sekaligus memperkenalkan beberapa varietas unggul baru ubi kayu Balitbangtan, yaitu varietas Vati 1, Vati 2, UK 1 Agritan, Litbang UK 2, Vamas 1, dan Malang 4; tentu dikombinasikan degan teknologi budi daya pendukungnya. Tidak kalah pentingnya adalah rekomendasi penggunaan pupuk organik dan non organik yang tepat kebutuhan.

Rakitan teknologi yang ditawarkan adalah T1 (Teknologi 1) = pupuk Phonska 250 kg + Urea 100 kg + pupuk kandang 5 ton per hektar, T2 = pupuk Phonska 250 kg + Urea 100 kg + KCl 50 kg + Dolomit 750 kg + pupuk kandang 5 ton per hektar, dan T3 = pupuk Phonska 250 kg + Urea 200 kg + KCl 50 kg + Dolomit 750 kg + pupuk kandang 5 ton per hektar). Berbagai pendekatan interinstitusional dan interdisiplin keilmuwan telah dilakukan dan panen diperkirakan pada bulan Desember 2021.

Ditengah-tengah perjalanan RIK ubi kayu, Pak Acep mencoba membongkar varietas ubi kayu lokal Manggu yang baru berumur 6 bulan. Beliau terkejut karena jumlah ubi berkisar antara 11-17 umbi dengan bobot umbi 5 – 6 kg/tanaman. Pak Acep sudah menanam ubi kayu sebanyak 5 kali dan biasanya hanya memperoleh 4 umbi dengan bobot sekitar 3 kg.

Secercah harapan dari RIK ubi kayu Balitbangtan.

ubikayu1 ubikayu2 ubikayu3
Petani kooperator yang terlibat dalam kegiatan dan panen sampel umbi di lahan Pak Acep

YB/KN/AA