Berita ยป Balitkabi Laksanakan Vaksinasi Booster

Pemerintah tengah menjalankan program vaksinasi booster untuk masyarakat Indonesia. Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

berita-220208-vaksinasibooster-a

Adapun alasan penting diadakannya vaksin booster adalah adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian Covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Demikian juga sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang; dan memenuhi hak setiap warga Indonesia untuk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Demi mendukung program yang dijalankan pemerintah, Senin 7 Februari 2022 telah dilaksanakan vaksinasi booster oleh tim kesehatan dari Puskesmas Pakisaji yang bertempat di Aula Balitkabi, Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca, separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml.

Vaksinasi diikuti oleh seluruh karyawan, baik ASN maupun non ASN, yang berjumlah 164 orang, meliputi karyawan dari Balitkabi, UPBS, Koperasi Manggala Bhakti, IP2TP Kendalpayak, IP2TP Jambegede, dan Dharma Wanita Persatuan Balitkabi.

berita-220208-vaksinasibooster-b

Kegiatan vaksinasi berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Diharapkan dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi booster ini, karyawan dapat terhindar dari paparan virus Covid-19, dengan tetap menerapkan 6M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

SADL/NAH