Berita » Balitkabi Melaksanakan Bimtek Olahan Ubi Jalar di Lumajang

Bimbingan Teknis (Bimtek) aneka produk olahan berbasis ubi jalar merupakan rangkaian kegiatan Riset Pengembangan Inovatif dan Kolaboratif (RPIK) ubi jalar yang dilakukan di Lumajang.

Bimtek dilaksanakan pada 11 November 2021, di Dusun Krajan I, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, dan diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dr. Yusmani Prayogo pada Bimtek Ubi Jalar di Lumajang

Dr. Yusmani Prayogo pada Bimtek Ubi Jalar di Lumajang

Bimtek bertujuan selain meningkatkan nilai tambah produk olahan ubi jalar, juga dapat meningkatkan gizi masyarakat. Penanggungjawab kegiatan RPIK ubi jalar, Dr. Ir. Yusmani Prayogo, M.Si., menyampaikan bahwa melalui bimtek ini peserta diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi aneka olahan berbahan baku ubi jalar.

Hal ini akan mendorong berkembangnya home industry, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga, terutama di masa pandemi Covid-19.

Peserta Bimtek Aneka Produk Olahan Ubi Jalar (kiri); Ir. Erliana Ginting, M.Sc. memaparkan materi Bimtek (tengah); Aneka Pangan hasil olahan Ubi Jalar (kanan)

Peserta Bimtek Aneka Produk Olahan Ubi Jalar (kiri); Ir. Erliana Ginting, M.Sc. memaparkan materi Bimtek (tengah); Aneka Pangan hasil olahan Ubi Jalar (kanan)

Peneliti Balitkabi, Ir. Erliana Ginting, M.Sc., memaparkan materi Bimtek, dilanjutkan dengan praktek pembuatan produk olahan dengan instruktur Dian Adi Anggraeni Elisabeth, S.TP., M. Agr.Sc.M.AP., Ria Gustina Fitraninda, A.Md. dan Lina Kusumawati.

Peserta sangat antusias dan seksama dalam mengikuti teori maupun praktek yang disampaikan oleh narasumber. Delapan produk yang diperagakan cara pembuatannya adalah puding ubi jalar ungu, kue mangkok ubi jalar ungu dan oranye, selai ubi jalar oranye, mie ubi jalar ungu, es krim ubi jalar ungu, onde onde, stik ubi jalar ungu, dan terang bulan. Selain itu, juga dipamerkan produk olahan berupa aneka kue kering, aneka tepung umbi-umbian, dan es krim.

Harapan Ibu Hariyanto, istri Ketua Gapoktan Harapan Kita, bimtek ini dapat memberikan bekal kepada para KWT untuk mewujudkan Pasrujambe menjadi sentra produk olahan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

FCI/YP/DA/EG