Berita » Balitkabi Menambah Satu Profesor Riset

aharsono1

Prof. Dr. Ir. Arief Harsono, peneliti dari kelompok ekofisiologi Balitkabi Malang pada tanggal 5 April 2012 menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema “INOVASI TEKNOLOGI BUDIDAYA BERBASIS PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI KACANG TANAH” di hadapan Majelis Pengukuhan Profesor Riset dan para undangan di Auditorium Sadikin Soemawikarta Badan Litbang Pertanian.

 

Arief Harsono dalam pidato orasi ilmiahnya mengemukakan bahwa pada tahun 2011 konsumsi kacang tanah mencapai 4,2 kg per kapita, dengan jumlah penduduk 240 juta jiwa.  Kebutuhan kacang tanah pada tahun 2011 sebesar satu juta ton, sedangkan produksi dalam negeri hanya 676 ribu ton. Kekurangannya di penuhi dengan cara mengimpor.  Pada tahun 2020 mendatang, kebutuhan akan kacang tanah di prediksi mencapai 1,2 juta ton, jika dikaitkan dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49 % per tahun.  Upaya untuk memenuhi kebutuhan kacang tanah dapat dilakukan dengan peningkatan produktivitas dan perluasan areal tanam. Inovasi teknologi seperti varietas unggul baru, benih berkualitas, teknologi produksi spesifik lokasi melalui pendekanan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) merupakan sumbangan yang sangat besar untuk meningkatkan produktivitas 1,2 ton (rata-rata nasional) menjadi 2 t/ha.  Peningkatan produksi kacang tanah melalui perluasan areal dapat dilakukan dengan lahan bukaan baru, tumpangsari dengan ubikayu, jagung di lahan kering masam, dan pemanfaatan lahan perkebunan karet, sawit dan hutan pada saat tanaman utama masih berumur muda.

Sekilas bibliografi Prof. Arief Harsono adalah sebagai berikut: Arief H. lahir di Malang Jawa Timur pada tanggal 9 Oktober 1958, anak kelima dari lima bersaudara dari pasangan Satimin (alm) dengan Mesiem yang berprofesi sebagai petani. Dia menikah dengan Siti Khasanah pada tahun 1985 dan dikaruniai tiga anak. Ia menamatkan sekolah dasar pada tahun 1970 di Donomulyo Kabupaten Malang, sekolah menengah tingkat pertama tahun 1973 di Sumbermanjing Kulon, Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri I Malang pada tahun 1976. Sarjana Fakultas Pertanian UB Malang pada tahun 1981, S2 UGM Yogyakarta tahun 1989 dan S3 UGM Yogyakarta tahun 2005. Bekerja sebagai peneliti di Balitkabi sejak tahun 1983 sampai sekarang. Riwayat sebagai peneliti dimulai dari Asisten Peneliti Muda 1987, Ajun Peneliti Madya 1992, Peneliti Madya 1996, Ahli Peneliti Muda 1999, dan Peneliti Utama 2009.  Selama menjadi peneliti, ia telah menghasilkan lebih dari 60 karya ilmiah yang telah di terbitkan dalam berbagai jurnal, prosiding, buku maupun dalam bentuk laporan.

Prof. Dr. Arief Harsono merupakan professor riset yang ketujuh di lingkup Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. Selamat Pak Arief, Balitkabi selalu menunggu inovasi terbaikmu, kini dan akan datang.

Majelis Pengukuhan Profesor Riset