Berita » Balitkabi Mendukung Gerakan Pangan Lokal Kab Lumajang

1-kkp-lumajang-1

Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (Si-Gempal) tidak hanya slogan, namun mulai direalisikan. Rabu (20/6/2012) kemarin, Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Lumajang mencoba mengundang Peneliti dan Praktisi Laboratorium Pangan Balitkabi untuk memberikan pelatihan pengolahan umbi-umbian menjadi beragam produk olahan pangan terutama jajanan.

 

Dalam sambutannya, Kepala KKP Kabupaten Lumajang, Ir. Hairil Diani, M.Si., mengatakan, tingkat produksi ubikayu dan ubijalar di Kabupaten Lumajang sudah cukup tinggi, hanya saja pemanfaatan umbi-umbian tersebut untuk diolah menjadi pangan masih kurang beragam. Oleh karena itu, pada pelatihan pengolahan ini, diundang tiga puluh dua peserta terdiri dari penyuluh pertanian dan pengrajin/pengusaha pangan jajanan. Para peserta mewakili kelompok binaan KKP Kabupaten Lumajang. Harapannya, Si-Gempal di Kabupaten Lumajang segera melaju.

Peserta antusias berpraktik dan bertanya pada saat nara sumber dari Laboratorium Pengolahan Pangan Balitkabi memberikan penjelasan dan melakukan demonstrasi. Pada pelatihan ini, mie yang berbahan baku ubijalar dan mbote menarik perhatian semua peserta yang hadir.

Rahmi Yulifianti, STP (memegang mikrofon) memperkenalkan aneka produk olahan berbahan baku umbi-umbian kepada penyuluh pertanian dan pengerajin/pengusaha pangan jajanan Lumajang.

Ibu-ibu peserta pelatihan antusias mencicipi aneka olahan pangan dari umbi-umbian.