Berita » Balitkabi menuju Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas

zi zi1
Pelaksanaan sosialisasi PMPZI

Menindaklanjuti Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor B/64/PW.04/2020 mengenai hasil evaluasi penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) WBK-WBBM Kementerian Pertanian, maka diadakan acara sosialisasi mekanisme penyampaian Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2021. Sosialisasi yang diadakan pada Kamis, 27 Mei 2021 diikuti oleh seluruh UPT lingkup Kementerian Pertanian, termasuk Balitkabi, yang juga bergabung melalui platform Zoom.

Paparan disampaikan oleh Nugraha R.S. dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Latar belakang penilaian PMPZI karena ZI pada UPT merupakan indikator kinerja pada seluruh satker Balitbangtan pada tahun 2020-2024. Tim penilai terdiri dari 2 tim, yaitu tim penilai internal dan tim asesor. Komponen penilaian dikelompokkan menjadi dua unsur, yaitu komponen pengungkit (sebesar 60%) dan komponen hasil (40%). Komponen pengungkit terdiri dari: a) Manajemen perubahan, b) Penata laksanaan, c) Penataan manajemen SDM, d) Penguatan akuntabilitas kinerja, e) Penguatan pengawasan, dan f) Peningkatan kualitas pelayanan publik. Di Balitkabi, manajemen perubahan sudah dimulai sejak awal tahun 2021. Sasaran perubahan pada perilaku pegawai meliputi mindset dan culture set yang disosialisasikan melalui apel pagi, whatsapp grup, bahkan juga sosialisasi yang ditempel di dinding-dinding sekitar kantor. Dan tak lupa, peningkatan kualitas pelayanan publik selalu ditingkatkan, yang diawali dengan motto pelayanan prima Balitkabi yaitu: “Kami Melayani dengan HATI BERSIH”.

Komponen lain penilaian berupa hasil dari peningkatan pelayanan publik dan bersih serta bebas dari KKN yang besarannya mencapai 40%. Hasil tersebut merupakan penilaian dari masyarakat terhadap kinerja Balitkabi yang tertuang dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Nilai IKM Balitkabi pada triwulan pertama 2021 ini berkisar antara 74 hingga 93, dengan nilai terendah dari unsur U9 (Sarana dan Prasarana), diikuti dengan U2 (Kemudahan Prosedur). Nilai IKM tertinggi diperoleh dari unsur U8 (Penanganan Pengaduan) sebesar 93 dan diikuti unsur U7 (Perilaku Pelaksana) sebesar 86. Bersih dan bebas dari KKN dimulai dengan penempelan stiker sebagai pengingat kepada diri sendiri bahwa tidak menerima dan memberi gratifikasi dalam bentuk apapun.

Target Balitkabi tahun 2021, mendapatkan predikat WBK-WBBM dengan nilai > 80. Balitkabi siap untuk manajemen perubahan!!

KPS

zi2 zi2 zi3 zi4
zi5 zi6 zi7 zi8
Pengungkit manajemen perubahan mindset dan culture set lingkup Balitkabi