Berita » Balitkabi Menuju Penilaian Mandiri Zona Integritas

Kementerian Pertanian semangat dan tegas menciptakan lingkungan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Untuk mewujudkan hal tersebut, maka masing-masing satker perlu membangun Zona Integritas (ZI).

Salah satu bukti nyata, beberapa UPT yang berada dibawah Balitbangtan sudah mendapatkan predikat WBK/WBBM. Untuk terus mengembangkan ZI di Balitbangtan, dilakukan Penilaian Mandiri (Self Assessment).

Dr. Haris Syahbuddin, DEA (kiri) dan Dr. Heni Nugraha, S.E., MM. (kanan)

Dr. Haris Syahbuddin, DEA (kiri) dan Dr. Heni Nugraha, S.E., MM. (kanan)

Penilaian Mandiri ZI dilakukan secara silang antar UPT yang berada dibawah Balitbangtan, dengan pendampingan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Berkaitan dengan hal tersebut, tanggal 23 November 2021, dilakukan sosialisasi “Kegiatan Persiapan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK/WBBM) lingkup Balitbangtan.

Kegiatan ini dilakukan melalui virtual meeting yang diikuti oleh 64 UPT dibawah Balitbangtan. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. yang didampingi oleh Sub Koordinator lingkup Balitkabi dan tim kerja ZI, ikut bergabung dalam acara sosialisasi. Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Haris Syahbuddin, DEA.

Disampaikan bahwa pembangunan ZI akan membentuk pegawai yang akuntabel, bersih, dan berwibawa. Untuk mewujudkan tercapainya ZI, perlu komitmen tinggi pimpinan yang bersinergi dengan seluruh karyawannya. Di akhir kata, Haris berpesan, bukan tingginya nilai yang dicari, akan tetapi peningkatan yang membekas, terinternalisasi, konsisten berproses hingga menjadi kawasan yang lebih baik.

Gambaran penilaian ZI dipaparkan oleh Dr Heni Nugraha, S.E., M.M., dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, berjudul “Internalisasi Pembangunan ZI-WBK/WBBM di Lingkungan Kementerian Pertanian”.

Dipaparkan dasar hukum pembangunan ZI, langkah strategis dalam membangun kawasan ZI, proses penilaian dan penetapan ZI, unsur penting pembangunan ZI, dan efektivitas pembangunan ZI. Komentar positif Nugraha adalah self assessment yang dilakukan ini merupakan nilai positif dari Balitbangtan dalam rangka membangun ZI.

berita-211124-selfassesment-b

Paparan selanjutnya dari Kepala Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB-Biogen), Ir. Mastur, M.Si., Ph.D., tentang kawasan ZI yang sudah dibangun di BB-Biogen, yang dapat digunakan sebagai acuan oleh UPT lain. Penutup acara ini disampaikan jadwal penilaian ZI di masing-masing UPT. Penilaian akan dilakukan pada tanggal 6-18 Desember 2021, dan Balitkabi langsung bersiap dalam menghadapi penilaian tersebut.

KPS