Berita ยป Balitkabi Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Triwulan I

Mengawali tahun 2013, Balitkabi menyelanggarakan rapat koordinasi triwulan I yang dihadiri oleh para pejabat eselon IV, para peneliti, para kepala kebun, pejabat pembuat komitmen, para PUMK, bendahara, dan para teknisi. Kegiatan ini dilangsungkan di ruang seminar utama pada tanggal 9 Januari 2013. Mengawali acara rakor, Ir. Subarkah dan Ir. Lawu Joko Santoso membacakan SK Kepala Balai Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian yang berkaitan dengan penanggung jawab koordinator komoditas, penanggung jawab kebun percobaan, ketua kelompok peneliti, tim pemantauan dan evaluasi, penanggung jawab laboratorium, koordinator kebun percobaan, dan pejabat pengelola keuangan.

Selanjutnya, pembingkaian rakor dilakukan oleh Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie. Tantangan di masa yang akan datang adalah staf Balitkabi harus mampu bergerak cepat dan memenuhi target pekerjaan sesuai dengan jadwalnya. Hal yang tidak kalah penting adalah kondisi serapan anggaran Balitkabi masih rendah. Salah satu cara untuk antisipasi adalah khusus tender dapat dilakukan akhir tahun anggaran (akhir 2012) untuk penyerapan tahun anggaran baru (2013). Managemen balai yang berkaitan dengan ISO managemen menjadi tanggung jawab semua staf Balitkabi. Untuk mensinkronkan kinerja maka kelembagaan internal dijadwalkan untuk melakukan pertemuan rutin.

Program kinerja sub bagian tata usaha (TU) disampaikan oleh Plt Kepala TU, Ir. Arif Musaddad. Kinerja dan rencana sub bagian TU mencakup kepegawaian, rumah tangga dan keuangan. Kegiatan kepegawaian setahun sekali menandatangani pakta integritas, daftar riwayat hidup, daftar riwayat kepegawaian, DP-3 dan DP-4, sebulan sekali merekap usulan hak pegawai termasuk uang makan, penyiapan upacara kesadaran dan hari besar, dan tunjangan kinerja, berkala mencakup kenaikan gaji berkala, pengumpulan kenaikan pangkat, pengusulan perubahan fungsional/angka kredit, analisis beban kerja dan analisis jabatan (tim SDM), administrasi ijin dan cuti, surat-surat penugasan, pengusulan training, sekolah, tugas belajar, disiplin pegawai, dan moment insidental (nikah, cerai). Tugas kerumahtanggaan meliputi kegiatan di dalam dan luar ruangan.

Kinerja Jasa Penelitian disampaikan oleh kepala jaslit, Ir Arif Musaddad. Dalam paparannya, Ir. Arif menyampaikan bahwa kinerja Jaslit meliputi publikasi dan website, perpustakaan, pameran, layanan informasi, dan kerjasama. Website selama tahun 2012 berjalan dengan baik dengan muatan informasi yang up to date. Selama kurun waktu 2012, jumlah kunjungan ke perpustakaan mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah semakin mudahnya akses online literatur yang diinginkan. Koleksi perpustakaan bertambah 382 buah. Publikasi yang utama adalah buletin palawija dan prosiding seminar. Khusus untuk seminar internal atau seminar hasil penelitian, diharapkan bisa diusulkan untuk mendapatkan angka kredit dan naskahnya dapat diprosidingkan. Jenis seminar yang dikoordinir oleh Jaslit meliputi seminar hasil penelitian, sosialisasi dan seminar mahasiswa. Pameran diselenggarakan sebagai wahana diseminasi. Frekuensi pameran cenderung mengalami kenaikan.

Dr. Yusmani Prayogo menyampaikan kinerja pelayanan teknis tahun 2013. Untuk persiapan dokumen penelitian (RPTP dan ROPP), diperlukan konsistensi penulisan dalam satu naskah dan antarnaskah. Perencanaan yang tepat baik rumah kaca dan laboratorium diperlukan untuk mendukung terselenggaranya penelitian dengan baik dan optimal. Fasilitas kebun percobaan (KP) akan ditingkatkan. Terutama KP Muneng, akan dijadikan KP unggulan dengan adanya perbaikan sarana dan prasarana penunjangnya, plot percontohan dibuat jalan masuk yang memadai, dan pengelolaan penelitian di KP yang lebih baik. Dalam paparannya, Kasi Yantek juga menyampaikan rencana Raker Puslitbangtan yang akan direncanakan bulan Maret minggu II atau III dengan alternatif tempat di Hotel Aria Mall Olympic Garden (MOG) atau di Balitkabi. Tema raker perlu didiskusikan lebih lanjut. Perkiraan peserta sejumlah 130 orang. Materi direncanakan meliputi pengarahan Kabadan Litbang Pertanian, pembingkaian raker, SPI, reformasi birokrasi, dan peningkatan kinerja peneliti.

Rencana operasional belanja modal dan jasa Balitkabi 2013 disampaikan oleh Drs. Edy Marsudi. Belanja modal 2013 meliputi koleksi perpustakaan, baju dinas/korpri, satpam, kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, pengolah data/komunikasi, peralatan laboratorium, fasilitas perkantoran, mebeler, mini traktor, peralatan UPBS, alat klimatologi, pengawasan rehab gedung, fisik rehab gedung, perencanaan dan pengawasan gudang benih, perencanaan, pengawasan dan rehab atap, perencanaan dan pelaksanaan gedung UPBS, fisik pembangunan lab biopestisida, fisik pembuatan etalase ruang display yang dilakukan melalui penunjukan langsung dan pelelangan umum.

Penataan sumber daya manusia (SDM) Balitkabi dipaparkan oleh ketua SDM, Prof. Dr. Subandi. Faktor penentu keberhasilan dipengaruhi oleh manusia (kuantitas, kualitas, penataan), uang (kuantitas, penggunaan/efisiensi), dan material (kecukupan, kualitas). Penataan SDM sebagian besar telah diatur dalam SK Balitkabi, terutama yang mendukung suksesnya kinerja Balitkabi. Bagi peneliti, alur pembinaan staf secara internal dari senior ke yunior sudah disusun.

Pada akhir rapat koordinasi, kepala Balitkabi menyampaikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti, yaitu percepatan belanja modal, perlunya komunikasi secara kontinyu di tingkat kelti dan program dengan diadakannya pertemuan sebulan sekali, perlunya dukungan untuk keberhasilan raker Puslitbangtan, akreditasi lab proteksi disiapkan untuk data dukung pelepasan varietas, revisi DIPA 2013 perlu segera dikoordinasikan, rakor triwulan terus dipertahankan sebagai evaluasi dan perencanaan ke depan, pertemuan dengan teknisi perlu diagendakan, perencanaan 2014 akan dilakukan, pemikiran untuk penataan listrik dan air 2014, dan belanja modal 2013 jumlahnya dipertahankan jika memungkinkan mengusulkan untuk ditingkatkan.