Berita » Balitkabi Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Triwulan III

Seperti halnya rapat koordinasi triwulan I dan II yang sudah dilaksanakan sebelumnya, seluruh staf Balitkabi termasuk seluruh peneliti, pejabat esolon IV, kepala dan koordinator teknis kebun percobaan, staf administrasi dan keuangan hadir dalam rapat koordinasi triwulan III di ruang seminar utama, tanggal 22 Oktober 2012. Agenda rapat koordinasi kali ini membahas mengenai: a) pembingkaian rakor dan arahan kabadan pada rapim B, b) hasil rapat mengenai publikasi di tingkat Puslitbangtan, c) laporan kemajuan, kendala dan pemecahan masalah di kebun-kebun percobaan lingkup Balitkabi, d) laporan hasil monev, e) hasil pemeriksaan Irjen mengenai sistem pengendalian internal (SPI), f) serapan anggaran 2012, g) kemajuan belanja modal, h) rencana DIPA 2013, dan i) penutupan.

Rapat dibuka secara langsung oleh kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie. Dalam pembingkaiannya, kepala Balitkabi menekankan pentingnya tiga hal yang menjadi bahan perenungan, yaitu 1) Apakah pengabdian sudah sepadan dengan gaji yang diterima, 2) konsekuensi penggunaan dana penelitian adalah produk yang akan dihasilkan sebagai bentuk tanggung jawab, dan 3) pangkat, jabatan, pendidikan dan pelatihan yang semakin tinggi berkorelasi dengan tanggung jawab yang semakin besar. Hasil rapat publikasi di Puslitbangtan mengharuskan para penanggung jawab kegiatan penelitian untuk membuat karya tulis ilmiah dan dipublikasikan di dua jurnal yang dimiliki Puslitbangtan. Kesepakatan ini diambil untuk penelitian yang menggunakan dana dari DIPA.

Kemajuan dan penyelesaian masalah di kebun percobaan dilaporkan oleh masing-masing kepala kebun percobaan di lingkup Balitkabi, yaitu kepala KP Ngale, KP Kendalpayak, KP Jambegede, KP Muneng, dan KP Genteng. Secara umum, tidak terdapat kendala yang berarti di kelima kebun percobaan. Semua kegiatan penelitian berjalan lancar dan mayoritas memenuhi target yang direncanakan. Pembahasan monev kegiatan penelitian dan administrasi sudah dilakukan oleh tim yang ditunjuk. Catatan yang perlu disosialisasikan kepada para penanggung jawab kegiatan adalah hasil temuan dengan segera dapat dikomunikasikan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti. Hasil pemeriksaan Irjen SPI menunjukkan adanya peningkatan nilai dalam hal sistem pengendalian di Balitkabi. Tentunya, prestasi ini perlu dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang. Serapan anggaran tahun 2012 pada umumnya sudah berjalan sesuai target dengan mematuhi rambu-rambu yang ditetapkan dalam undang-undang. Setidaknya, sudah lebih dari 70% dana dapat diserap untuk berbagai kegiatan, baik penelitian maupun non-penelitian. Belanja modal Balitkabi sudah semuanya dilaksanakan, tinggal menunggu penyelesaian akhir pada beberapa kegiatan, misalnya pembangunan gedung UPBS dan rehap atap gedung. Pada pembahasan rancangan DIPA 2013, terdapat penekanan yang perlu diperhatikan bahwa pada penganggaran 2013 terdapat efisiensi perjalanan dinas. Rapat koordinasi akan tetap terus diagendakan guna meningkatkan kinerja balai.

Jayalah Balitkabi….