Berita » Balitkabi Menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Penelitian

1-sem-1

Seminar nasional hasil penelitian tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2012 merupakan rangkaian peringatan Hari Krida Pertanian ke-40 yang dilaksanakan mulai 20 Juni yang lalu dan berakhir pada 20 Juli nanti. Seminar yang dilaksanakan di ruang seminar utama dihadiri sekitar 200 orang dari berbagai instansi, antara lain Balai Besar Pasca Panen, BPTP 11 Propinsi, perguruan tinggi (Universitas Brawijaya, Unmer Madiun, Universitas Padjajaran, IPB), Batan, BPPT, Dinas Pertanian, mahasiswa dan Balitkabi. Tema seminar kali ini adalah Peningkatan Daya Saing dan Implementasi Pengembangan Komoditas Kacang dan Umbi Mendukung Pencapaian Empat Sukses Pembangunan Pertanian.

Dua makalah utama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Pantjar Simatupang, staf ahli menteri pertanian dan Ir. Suwarno, asisten direktur Perum Perhutani Jakarta. Prof. Pantjar menyampaikan makalahnya dengan tema Peningkatan Daya Saing Komoditas Kacang dan Umbi untuk Peningkatan Pendapatan Petani, sedangkan Ir. Suwarno menyampaikan makalahnya dengan tema Potensi Pengembangan Kedelai di Kawasan Hutan. Penyajian dua makalah ini berdurasi sekitar dua jam termasuk sessi tanya jawab.

Dari kiri: Prof. Dr. Pantjar Simatupang, staf ahli menteri pertanian, Prof.Dr. Subandi, peneliti Balitkabi, dan Ir. Suwarno, asisten direktur Perum Perhutani Jakarta

Makalah hasil penelitian yang masuk panitia seminar berjumlah 98 makalah, dan setelah melalui proses seleksi akhirnya terpilih 92 makalah, yang dipresentasikan secara oral berjumlah 24 makalah dan makalah poster berjumlah 68 makalah. Dalam pelaksanaannya, presentasi oral dilaksanakan secara parallel dan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama adalah makalah kelompok ekofisiologi dan sosial ekonomi, kelompok kedua adalah makalah kelompok pemuliaan tanaman dan pasca panen, sedangkan kelompok ketiga adalah makalah kelompok hama dan penyakit tanaman. Sidang poster dilaksanakan setelah presentasi oral dan bertempat di ruang seminar utama. Pada akhir acara seminar, diumumkan makalah poster favorit yang merupakan hasil pooling peserta seminar.


Peserta Seminar Nasional Hasil Penelitian Tanaman Kacang-Kacangan Dan Umbi-Umbian