Berita » Balitkabi Selenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Audit Internal KNAPPP 02:2007

Pemerintah melalui Kemenristek Dikti telah membentuk Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) yang bertujuan untuk membantu pranata litbang dengan memberikan panduan dan pembinaan melalui sistem akreditasi agar manajemen mutu pranata litbang menjadi lebih tertib. Balitkabi sebagai pranata litbang telah mengadopsi pedoman KNAPPP dalam kegiatan penelitian internal dan terus berkomitmen untuk menerapkannya.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan mengupdate pengetahuan karyawan Balitkabi, pada tanggal 20 November 2017 diadakan acara “Sosialisasi dan Pelatihan Audit Internal KNAPPP 02:2007” di Aula Balitkabi. Acara diikuti oleh pejabat eselon IV, peneliti, dan perwakilan masing-masing kebun percobaan lingkup Balitkabi. Acara yang akan berlangsung hingga tiga hari ke depan, menghadirkan narasumber Ibu Sulistyowati dari Puslitkoka Jember.

knappp

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., pada acara pembukaan menyampaikan bahwa akreditasi KNAPPP merupakan suatu label atau pengakuan formal terhadap pranata litbang atas kinerja dan mutu pelaksanaan kegiatan penelitian. Oleh karena itu, Beliau memberikan arahan agar seluruh peserta dapat memahami dan mengikuti acara ini dengan komitmen tinggi untuk kemajuan bersama.

knappp1

Ibu Sulistyowati merupakan praktisi yang dalam perjalanan kariernya telah banyak berkecimpung dalam sistem manajemen mutu baik ISO 9001, ISO 17025, maupun KNAPPP. “Pedoman KNAPPP merupakan pedoman yang paling lengkap dan sesuai untuk penelitian sehingga dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen mutu yang lainnya,” ujar Beliau. Selain pengenalan tentang pedoman KNAPPP 02:2007, peserta juga diberikan pengetahuan tentang pedoman terbaru KNAPPP 02:2017, serta praktek audit internal KNAPPP 02:2007 yang meliputi cara mengaudit, pengisian LKS (Lembar Ketidaksesuaian), dan penyusunan laporan audit.

RTH