Berita » Balitkabi Semarakkan PPAHP3UD XIII Kab Tulungagung

tulungagung-0

Dalam upaya menyegerakan pemanfaatan hasil penelitian aneka kacang dan umbi, Balitkabi berpartisipasi penuh pada Pameran dan Promosi Hasil Produksi Pertanian dan Perkebunan Unggulan Daerah (PPAHP3UD ke XIII) yang diselenggarakan pihak Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) KabTulungagung. Pada pameran yang berlangsung di halaman BKPP Wonorejo, Sumbergembol, Tulungagung, tangga 12-16 Juni tersebut, Balitkabi menampilkan aneka produk pangan fungsional dari bahan ubijalar dan ubikayu, aneka contoh varietas unggul baru kedelai, kacang tanah dan kacang hijau serta lima varietas unggul ubijalar yang dipajang di depan stand. Di samping itu juga dipamerkan dan disebarkan brosur varietas unggul, dan buku Teknologi Bididaya Aneka Kacang dan Umbi. Poster-poster hasil penelitian varietas unggul baru juga dipajang untuk memberikan informasi varietas unggul baru dari Badan Litbang Pertanian.

Pada saat berkunjung ke stand Balitkabi Bupati Heru Tjahyono menyampaikan bahwa kita harus bersyukur diikuti oleh lembaga penelitian seperti Balitkabi dan BPTP Jawa Timur. “Balai ini merupakan penghasil teknologi dan inovasi yang perlu kita kembangkan di Tulungagung” tutur Pak Eko kepada rombongan yang mengikutinya. Rombongan tersebut termasuk Komandan Kodim, Para kepala SKPD, dan aparat serta Penyuluh Pertanian. Bupati dan rombongan cukup lama berkunjung ke stand Balitkabi yang seatap dengan BPTP Jawa Timur. Di sela-sela pembicaraan beliau dengan gayeng melemparkan guyonan-guyonan.

Ibu Bupati, berseragam coklat berjilbab, menanyakan kepada Suprapto SP pemandu gerai Balitkabi
tentang aneka kue dari umbi-umbian.

Sementara itu ibu Bupati sebagai Ketua Tim Penggerak PKK didampingi delapan pengurus PKK dan staf mencicipi aneka kue yang dipamerkan. “Wah ternyata lembut ya kue dari ubi-ubian ini” tuturnya sambil menanyakan proses pembuatan kepada Pak Prapto. Agar kue ini dapat dibuat dan dikembangkan oleh masyarakat Tulungagung, Balitkabi memberikan lima paket bingkisan yang terdiri dari buku-buku hasil penelitian termasuk Buku Resep Produk Olahan Kacang dan Umbi.

Ibu Bupati, menikmati kue berbahan umbi produk Balitkabi.

Dalam memeringati Hari Krida Pertanian, Kabupaten Tulungagung mungkin merupakan satu-satunya wilayah yang selalu mengadakan pameran untuk memromosikan hasil pertanian masyarakatnya setiap tahun. Hampir 60 stand pameran yang telah disediakan terisi semuanya. Pengisinya Balai Penyuluhan Pertanian, Balai dan Loka Penelitian, dan pihak swasta. “Bahkan karena keterbatasan tempat, panitia menolak banyak peserta yang mendaftar” ungkap Dewan Hari Purnomo, S.P. Kepala BKPP Kab Tulungagung saat makan siang.

Ada hal yang menarik dari jajaran ketentaraan. Yaitu instruksi khusus dari Komandan Kodim 0807 Kabupaten Tulungagung kepada jajarannya untuk melihat stand-stand di pameran ini untuk menggali informasi lebih mendalam tentang konsep Rumah hijau atau Rumah Pangan Lestari untuk lebih dikembangkan di seluruh Koramil.

Mari hijaukan rumah dan lingkungan kita!