Berita » Bappenas Ajak Balitkabi Tindak Lanjuti Pembahasan Peta Jalan Hulu-Hilir Porang

Kepala Balitkabi saat diskusi porang dengan Bappenas

Kepala Balitkabi saat diskusi porang dengan Bappenas

Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas, Ir. R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, MEM., didampingi Tejaningsih, S.E., M.Ec.Dev., MA., merangkul Balitkabi dan BB Pascapanen untuk diskusikan roadmap (peta jalan) hulu-hilir tanaman porang berbasis SDG 12 di aspek Sustainable Consumption and Production serta menjadikan SDG 12 sebagai tombak hulu-hilir porang.

Indonesia adalah salah satu negara pendukung resolusi pada sidang ke-4 PBB tentang lingkungan hidup untuk mendorong agenda global konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (SCP/SDGs 12). Terkait porang, tujuan untuk menjamin pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, upaya yang dilakukan untuk mencapai target dijabarkan pada kebijakan, program, dan kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah dan non pemerintah serta pelaku usaha untuk membawa porang menjadi satu produk dan inilah tujuan utama dari pertemuan ini.

Pada pertemuan secara daring yang dilakukan 23 Februari 2021, Bappenas menginisiasi pembentukan tim kecil untuk menyusun peta jalan hulu-hilir porang. Diharapkan tim kecil yang akan dibentuk segera memulai kegiatannya. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., yang hadir di ruang zoom menetapkan tim porang Balitkabi yang diketuai oleh Dr. Novita Nugrahaeni mewakili Balitkabi untuk bergabung dengan tim bentukan Bappenas. Dr. Novita didampingi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, MS. Ir. Joko Susilo Utomo, Ph.D., Ir. Trustinah, MS., dan Sutrisno, S.P.

Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas sangat menghargai komitmen Dr. Titik Sundari, untuk mendukung kegiatan ini. Ditambahkan oleh Pak Anang, bahwa insitusi pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengikuti perkembangan di masyarakat. Saat ini, ledakan informasi ada dimana-mana. Ini juga tugas Balitkabi ikut mengawasi untuk merespon dinamika (porang) di masyarakat, yang membutuhkan kelincahan dan kesiapan untuk bisa merespon dan memastikan bahwa informasi di media sosial adalah benar dan berkualitas. Kesiapan litbang untuk merespon dan memperkuat kembali fungsi penyuluhan pertanian, yang pasca reformasi kurang berfungsi, masyarakat petani mencoba mandiri dengan sumber informasi terbuka.

Tim porang Balitkabi diminta siap dan ini menjadi satu kebutuhan merespon. Mengikuti perspektif Bappenas agar bangsa Indonesia perlahan bisa keluar dari merosotnya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Diakhir diskusi seluruh pihak sepakat mendukung, karena sektor pangan sangat mendasar, dan terkait porang disiapkan langkah-langkah peta jalan hulu-hilir menuju satu produk, sehingga saat investor bertanya, peta jalan porang sudah siap, belajar dan tidak terulang lagi seperti lemahnya peta jalan kelapa sawit.

YB

porang porang1
Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas dan Tim Porang Balitkabi.