Berita ยป Balitkabi Ajarkan Keahlian Perakitan Varietas kepada Mahasiswa

Kendala keberhasilan produksi tanaman pangan ke depan akan semakin beragam. Untuk mengantisipasi kendala yang muncul, varietas unggul harus terus menerus dirakit dan dikembangkan. Keberhasilan pembangunan pertanian masa depan berada di pundak generasi muda khususnya mahasiswa pertanian. Agar terdapat keberlanjutan keahlian di bidang perakitan varietas unggul baru, Balitkabi, pada 11 Juni 2014, mengadakan Sosialisasi Perakitan Varietas Tanaman Aneka Kacang dan Umbi di Aula UPBS Agro Inovasi Akabi. Sosialisasi diikuti oleh mahasiswa Jurusan Agro Teknologi dan Biologi dari Univ Brawijaya, Univ Negeri Malang, Univ Muhammadiyah Malang, Univ Islam Negeri (UIN), Univ. Tribuanatungadewi, Univ Gajah Mada, dan Univ Islam Malang (Unisma).

Menurut Dr. Novita Nugrahaeini, sebagai penanggung jawab sosialisasi, tujuan dari kegiatan sosialisasi adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang perakitan varietas, yang sekaligus menjadi dunia implementasi dari teori yang diterima di bangku kuliah dengan praktik nyata. Materi Sosialisasi diawali dengan penyampaian pengelolaan plasma nutfah, tatacara dan tahap perakitan varietas aneka kabi. Dilanjutkan dengan praktik persilangan, kunjungan ke visitor plot di KP Kendalpayak dan kunjungan ke UPBS Agro Inovasi Akabi. Semua peserta Sosialisasi mendapatkan seperangkat buku tentang persilangan, hama penyakit, produksi benih sumber, dan varietas tanaman akabi.
Sosialisasi memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa, termasuk cara melakukan persilangan. Praktik persilangan tanaman kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan ubijalar yang dipandu langsung oleh pemulia dan teknisi memberikan penggambaran nyata dan antusiame mahasiswa cukup tinggi. Koleksi plasma nutfah yang beraneka ragam dari aneka kacang juga menyita perhatian mahasiswa, bahkan ditanyakan juga ketiadaan koleksi kacang panjang dan aneka kacang lainnya, serta sedikitnya koleksi kacang koro pedang.Sosialisasi memang harus terus dilakukan untuk memberikan pembekalan kepada generasi penerus bangsa, generasi penggerak pembangunan pertanian. Sebagai tanda apresiasi kepada seluruh mahasiswa, pada akhir sosialisasi disampaikan sertifikat keiikutsertaan yang disampaikan oleh Ibu Novita. Selamat berjuang mahasiswa.MMA/AW