Berita » Belajar Akabi di IP2TP Muneng

Memperkenalkan komoditas akabi di IP2TP kepada mahasiswa

Memperkenalkan komoditas akabi di IP2TP kepada mahasiswa

IP2TP Muneng merupakan salah satu IP2TP yang dimiliki Balitbangtan yang berada di bawah Balitkabi dan berlokasi di Probolinggo, Jawa Timur. Tupoksi IP2TP adalah tempat melakukan penelitian dan pengkajian, konservasi sumber daya genetik, produksi benih sumber, kebun produksi, dan juga dapat difungsikan sebagai agrowidyawisata.

Pada Juni 2021 ini, IP2TP juga digunakan oleh mahasiswa magang yang berasal dari Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu yang berjumlah tujuh mahasiswa. Ketujuh mahasiswa tersebut akan mempelajari komoditas aneka kacang dan umbi di IP2TP Muneng selama dua bulan. Pada saat yang bersamaan, IP2TP Muneng juga digunakan oleh mahasiswa magang dari ITERA Lampung sebanyak dua mahasiswa, dan dari Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak tiga mahasiswa.

Pada tanggal 21 Juni 2021, dipandu oleh Koordinator Teknik IP2TP Muneng, Salam Agus Riyanto, S.P., diperkenalkan beberapa komoditas aneka kacang dan umbi yang ada di lahan IP2TP, termasuk praktek cara budidayanya. Juga diperkenalkan tatacara persilangan ubi jalar yang ada di rumah kaca IP2TP Muneng oleh pemulia ubijalar Balitkabi, Wiwit Rahajeng, S.P. Tentu, mahasiswa sangat senang, karena baru kali ini mengetahui proses persilangan buatan pada ubi jalar.

IP2TP Muneng yang sedang berbenah dengan berbagai fasilitas barunya, diharapkan akan mampu menjadi IP2TP yang modern, searah dengan harapan Kepala Balitbangtan, untuk menjadikan IP2TP yang modern dan tentu harus layak menjadi percontohan bagi masyarakat dan petani sekitar. Kehadiran mahasiswa di IP2TP menjadi bukti bahwa IP2TP kompeten digunakan sebagai media pembelajaran dan penggalian ilmu pertanian.

muneng1 munneg2
Diskusi lapang dan persilangan ubi jalar di rumah kaca IP2TP Muneng

SADL