Berita » Beragam Olahan Porang dari Desa Klangon

klangon

Kunjungan Kepala Balitkabi ke Desa Klangon

Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, sering disebut sebagai titik nol pengembangan porang di Indonesia. Dari desa tersebut dimulainya berbagai kegiatan, sehingga lahirlah varietas porang pertama di Indonesia, yaitu Madiun 1. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) memiliki andil besar terhadap kelahiran varietas Madiun 1.

Tanggal 4 Mei 2021, Kepala Balitkabi (Dr. Ir. Titik Sundari, MP.) didampingi beberapa peneliti Balitkabi, mengunjungi Desa Klangon. Terungkaplah, umbi porang telah diolah menjadi 47 bentuk olahan, penegasan dari Kepala Desa Klangon, Didik Kuswandi. Berbagai bentuk olahannya diantaranya adalah bakso, roti, masker, lem, dan sebagainya. Porang telah menjadi penggerak UMKM/PKK di Desa Klangon untuk mencoba dan mengolah umbi porang menjadi berbagai produk turunannya. Lebih jauh, Kuswandi menyampaikan, dulunya petani hanya menanam dan menanam porang, tidak membayangkan akhirnya berhasil mengolahnya menjadi berbagai olahan. Sekaligus Kuswandi tetap mengharapkan adanya pendampingan dari Balitbangtan, sehingga porang semakin dekat dengan petani, semakin dekat dengan ketahanan pangan.

Balitbangtan tentu akan terus mendampingi petani porang yang ada di Desa Klangon, bahkan Titik Sundari meminta untuk terus meningkatkan inovasi teknologi pengolahannya, sehingga nilai jual porang dan produk turunannya menjadi lebih meningkat. Dengan demikian, akan lebih meningkatkan kesejahteraan petani. Harapan lain juga disampaikan oleh Suwaji, selaku generasi ketiga petani porang di Desa Klangon, yaitu perlunya pendampingan, sehingga nilai ekspor porang terus meningkat dari sisi kuantitas dan kualitas.

Menutup pertemuan tersebut, sekali lagi Kuswandi menyampaikan harapannya, “Akhir-akhir ini porang betul-betul telah meng-Indonesia, jangan lupa memperhatikan dua sisi, yakni sisi penghasilan petani porang dan sisi kelestarian alam/hutan”. Dua sisi tersebut harus menjadi perhatian petani porang di Indonesia, himbauan Kuswandi untuk petani porang.

TS

Diskusi tentang porang di Desa Klangon

Diskusi tentang porang di Desa Klangon

klangon1 klangon2 klangon3
Contoh produk olahan dari porang