Berita ยป Bertanam untuk HPS 31 di Gorontalo

hps-gorontalo3

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-31 di Indonesia dipusatkan di Provinsi Gorontalo. Adalah Desa Mountong, Kecamatan Tilung Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan ditempati hajat nasional tanggal 20-23 Oktober 2011. Menghadapi hajatan pangan tersebut, Balitkabi menyiapkan pameran varietas unggul ubijalar, kacang tanah, kedelai, kacang tunggak, dan kacang hijau. Penanaman varietas unggul dilakukan pada tanggal 10-13 Agustus 2011 di atas lahan milik Badan Pusat Informasi Jagung (BPIJ) Provinsi Gorontalo.

Penanaman dikomandani oleh Ir. Abdullah Taufiq, MP., bersama Salam A.R., SP., Joko Restuono, S.P., dan Sutrisno, S.P. Sesampainya di Gorontalo, Tim Balitkabi yang berangkat dari Malang pada Selasa 9 Agustus 2011, tim langsung meninjau lapang untuk perencanaan penanaman. Setelah selesai ploting, penanaman semua komoditas diselesaikan dalam 3 hari. Untuk mengawal pertanaman hingga pelaksanaan HPS, Balitkabi menugasi Sutrisno, S.P., staf peneliti baru.

Masyarakat Agraris

Masyarakat Gorontalo ternyata sangat agraris. Demikian kesan yang diperoleh dari bumi Gorontalo, yang lahan pertanian masih sangat luas dan hampir di setiap sudut kota dan desa pemandangan yang umum terlihat adalah kegiatan pertanian yang dilakukan oleh penduduk Gorontalo. Maka pantaslah kalo tahun ini HPS dipusatkan di Gorontalo.

Kemegahan di atas bukit: Kantor Pemprov Gorontalo

Kacang tunggak (KT), tumbuh baik di Bumi Gorontalo

Suasana ini mencerminkan tradisi keagrarisan Gorontalo: persiapan lahan untuk tanam ubijalar

Laporan Sutrisno dari Bumi Gorontalo