Berita ยป Berujicoba Calon Varietas Kedelai di Grobogan

Observasi lapang calon varietas kedelai Balitbangtan

Observasi lapang calon varietas kedelai Balitbangtan

Kabupaten Grobogan (Jawa Tengah) merupakan salah satu sentra kedelai di Indonesia dan sekaligus menjadi tempat kelahiran dari varietas kedelai Grobogan. Pada tahun 2021, melalui Program Uji Adaptasi yang dilakukan oleh Direktorat Perbenihan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, dilakukan uji adaptasi dari galur-galur harapan kedelai hasil seleksi dari Balitkabi. Pelaksana uji adaptasi tersebut adalah Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Tengah.

Sebanyak 14 galur harapan kedelai disertai dengan varietas pembanding Detap 1 dan Dega 1, diujiadaptasi di Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, oleh Gapoktan Kabul Lestari. Observasi lapang pada saat tanaman berumur 66 hari yang dilakukan tanggal 20 Mei 2021, terlihat keragaan tanaman sangat bagus. Ragam antar galur terlihat pada karakter umur tanaman, kepadatan trikoma, dan bentuk daun. Dituturkan oleh Ali Muchtar, selaku penggiat kedelai, telah dilakukan penilaian oleh anggota Gapoktan, dan disimpulkan galur nomer 3, menjadi pilihan petani. Alasannya, ukuran polongnya cukup besar, tanaman kokoh, dan yang paling menentukan adalah umurnya lebih genjah dibandingkan dengan galur yang diuji lainnya.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan, bagi masyarakat Grobogan, arti umur genjah pada varietas kedelai adalah sangat penting. Beda seminggu umur masaknya sudah sangat berarti bagi petani. Walaupun kedelai berdaya hasil tinggi, tetapi umurnya sedang apalagi dalam, kurang menarik bagi petani di Grobogan, penegasannya. Alasan logis untuk agroekologi Grobogan, karena tuntutan pola tanam dan ketersediaan air.

Rasa penasaran dan kekaguman terhadap keragaan galur nomer 3, Ali merencanakan, setelah panen, benih yang dihasilkan dari galur tersebut akan ditanam pada skala lebih luas. Semoga menjadi sumbangsih inovasi bagi petani kedelai.

MMA

coba1 coba2 coba3
Keragaan ujicoba calon varietas (kanan), daun menguning dari galur nomer 3 (tengah), polong galur nomer 3 (kiri)