Berita ยป Bimtek Aplikasi Gaji PPNPN Berbasis Web

Sering kita mendengar istilah PPNPN. Sebenarnya apa itu PPNPN? PPNPN adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri. Yang termasuk dalam PPNPN ini antara lain pegawai tidak tetap, pegawai honorer, staf khusus, dan pegawai lain yang dibebankan pada APBN maupun APBD.

Penerapan aplikasi berbasis web ini sebagai tindak lanjut Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-15/PB/2020 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang dibebankan pada ABPN demi ketertiban dalam pengelolaan data pegawai serta kelancaran dan kecepatan pelayanan yang lebih baik.

berita-220121-bimtekappgajippnpn-a

Selama ini, mekanisme pembayaran penghasilan PPNPN dilakukan dengan Aplikasi Gaji Modul PPNPN berbasis Desktop. Sehubungan dengan rencana implementasi aplikasi gaji berbasis website, maka Direktorat Jenderal Perbendaharaan melalui KPPN Malang menyelenggarakan kegiatan Bimtek Aplikasi Gaji PPNPN Berbasis Website pada hari Rabu, 19 Januari 2022 secara daring yang melibatkan seluruh Satker mitra kerja KPPN Malang, termasuk Balitkabi.

Aplikasi semula berbasis desktop (Desktop Based Application), merupakan aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi harus diinstall terlebih dahulu pada laptop atau komputer. Walaupun aplikasi berbasis desktop telah mendukung proses sentralisasi data, akan tetapi harus dilakukan pembaharuan secara mandiri.

Aplikasi berbasis website, mempunyai lebih banyak keunggulan, antara lain kemudahan akses dari berbagai perangkat, tidak memerlukan spesifikasi yang besar, tidak memerlukan lisensi, dan dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi (OS) seperti Windows, Linux, Mac, dan lain sebagainya. Selain itu, dapat ditampilkan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

berita-220121-bimtekappgajippnpn-b

Pada proses migrasi aplikasi tersebut, operator memerlukan pendaftaran user untuk seluruh satker yang mengelola data PPNPN. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) terlebih dahulu membuat surat penunjukan operator satker PPK. Selanjutnya, melakukan registrasi pada situs https://digit.kemenkeu.go.id.
User satker yang telah terdaftar pada https://digit.kemenkeu.go.id tersebut selanjutnya akan digunakan untuk mengajukan kewenangan akses dan login pada aplikasi gaji website satker Modul PPNPN ketika aplikasi telah diimplementasikan.

Dalam implementasinya, satuan kerja wajib memperhatikan pagu dalam DIPA yang merupakan batasan tertinggi dalam mencairkan dana penghasilan PPNPN. Pencairan dana tidak boleh melebihi batas pagu DIPA.

ELY