Berita ยป Bimtek Aplikasi SAS untuk Pengelolaan Keuangan yang Akuntabel

Bimtek Aplikasi SAS di Balitkabi

Bimtek Aplikasi SAS di Balitkabi

Penyelenggaraan keuangan negara harus dilakukan secara terbuka dan mengikuti asas pengelolaan keuangan yang berlaku di Indonesia. Setidaknya ada empat asas utama perihal pengelolaan keuangan negara, yaitu proporsional, transparan, akuntabel, dan profesional. Untuk mewujudkan penyelenggaraan keuangan yang sesuai dengan asas tersebut, sudah pasti dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi para pengelola keuangan.

Demi mewujudkan tujuan tersebut di atas, maka Balitkabi kembali mengikuti bimbingan teknis administrasi keuangan, khususnya pengenalan aplikasi SAS versi terbaru pada 6 Agustus 2021 yang dilaksanakan secara luring bertempat di Aula Balitkabi.

Sebagai narasumber adalah I Putu Nugraha Astina Pradana dan Mansyur Arifin, dimana keduanya merupakan Pejabat Fungsional Pembinaan Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN) dari KPPN Malang, sebagai mitra kerja Balitkabi. Bimtek ini diikuti oleh Bendahara Pengeluaran dan tim pengelola keuangan Balitkabi.

Aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) merupakan sistem yang dibuat sedemikian rupa guna membantu proses pengelolaan keuangan negara yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja atau Satker. Aplikasi SAS merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan sebagai sarana untuk menjalankan berbagai tugas kerja, mulai dari Data Kontrak, RPD Harian, SPM, LPJ Bendahara bagi Satker, dan sebagainya. Beberapa modul dalam aplikasi ini terus diupdate untuk mendapatkan fungsi yang lebih maksimal dan dapat mencakup semua bidang tugas. Aplikasi ini juga membantu Bendahara Pengeluaran, terutama untuk kelancaran Pembukuan Bendahara dan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara secara tepat waktu.

ELY

bimtek2 bimtek3 bimtek4
Pemateri dan peserta bimtek 6 Agustus 2021