Berita » Bimtek Padat Karya Seri 8 di Purworejo, Blitar

 Dr. Titik Sundari, M.P. membuka Bimtek Padat Karya di Blitar

Dr. Titik Sundari, M.P. membuka Bimtek Padat Karya di Blitar

Pada hari Senin, 22 Maret 2021, Balitkabi melaksanakan kegiatan Bimtek Padat Karya Percepatan Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian. Bimtek ini mengambil tema Budidaya Aneka Kacang dan Umbi, dan bertempat di pendopo Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Bimtek yang dilaksanakan di Blitar merupakan seri ke-8 dari rangkaian Bimtek Padat Karya yang dilaksanakan oleh Balitkabi.

Bimtek Padat Karya dibuka oleh Kepala Balitkabi, Dr. Titik Sundari, M.P, dan dihadiri oleh Pj. Kepala Desa Purworejo serta Camat Kecamatan Sanankulon. Dalam pembukaannya, Kepala Balitkabi menyemangati para petani yang hadir dan menyampaikan terkait peran penting petani sebagai aktor utama dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini, peran petani semakin penting, sebagai penyedia kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Bahkan Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., selalu menyampaikan bahwa sektor pertanian tidak boleh berhenti, siapa lagi yang akan menjadi penyedia kebutuhan pangan bagi 267 juta rakyat Indonesia.

Sebagai narasumber pada Bimtek Padat Karya kali ini adalah Didik Sucahyono, S.P., M.Si, salah satu peneliti Balitkabi yang tergabung dalam kelompok peneliti Ekofisiologi dan ditandemkan dengan Agus Supeno, A.Md., salah satu teknisi litkayasa di Balitkabi. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan aspek budidaya, dari mulai pemilihan benih, pengairan, pemupukan, hingga pascapanen benih kedelai.

Dengan adanya bimtek ini, diharapkan petani Desa Purworejo khususnya dapat meningkatkan pengetahuan mereka terkait budidaya kedelai dan “mewarnai” sistem tanam tumpang sisip yang telah mereka jalankan selama ini dengan inovasi teknologi.

AbiS

blitar1 blitar2
Penyampaian materi Bimtek dan Peserta Bimtek